6.748 Peserta dari Berbagai Kota di Indonesia Ikuti Medan 10K

dibaca 143 pembaca

6.748 Peserta dari Berbagai Kota di Indonesia Ikuti Medan 10K

Sebanyak 6.748 peserta mengikuti perhelatan lomba lari Medan 10 K yang digelar Pemko Medan, Minggu (13/8) untuk menyemarakkan perayaan HUT ke-72 Republik Indonesia.

Ribuan peserta yang terdiri dari kategori umum dan pelajar ini dilepas oleh Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi di Jalan Balai Kota Medan.

Turut mendampingi Walikota yakni Kajari Medan Olopan Nainggolan SH MH, Dandim 0201/BS Kolonel Infantri Bambang Herqutanto, Danlanud Soewondo Koloner PNB Daan Sulfi dan Dandenpom I/5 David Medion Sip.

Kegiatan rutin tahuhan yang digelar Pemko Medan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga ini begitu menarik perhatian.

Sejak Subuh, peserta yang bukan saja berasal dari Medan, melalui kota-kota lain di Indonesia ini, sudah terkonsentrasi di lokasi start.

Tidak hanya kalangan usia muda, namun juga mereka yang sudah memasuki usia paruh baya juga begitu semangat mengikuti lomba yang memperebutkan Piala Walikota Medan dan hadiah uang total sebesar Rp 192 juta ini.

Walikota Medan melakukan pelepasan sebanyak dua kali.

Pertama untuk peserta lomba lari kategori umum sepanjang 10 Km dan kedua untuk peserta kategori pelajar sepanjang 5 Km. Rute yang dilalui peserta kategori umum yakni berawal dari Jalan Balaiktoa-Puri Hijau-Guru Patimpus-Gatot Subroto- Iskandar Muda-Pattimura-Monginsidi-Juanda-Pemuda-A Yani-Balaikota.

Sedangkan kategori pelajar dari Balaikota-Putri Hijau-Guru Patimpus-Kapten Maulana Lubis-Imam Bonjol- Palang Merah-A Yani-Balaikota.

Dalam kesempatan itu, Walikota mengatakan, perhelatan ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat untuk gemar berolah raga.

Dengan kegemaran berolah raga, diharapkan mewujudkan Medan yang sehat dan kuat.

Kita harapkan agar olah raga menjadi kian membudaya di kehidupan masyarakat Medan.

Olahraga bukan hanya untuk para atlet, tetapi juga untuk warga biasa guna mendapat kesehatan, ucapnya.

Dalam lomba lari ini, Pemko Medan memberikan hadiah kepada 24 juara putra-putri kepada masing-masing kategori.

Keluar sebagai Juara I, II dan III  dari Kategori Pelajar Putra yakni Larry Rafael asal SMA Putri, L Fortuna asal SMA Medan Putri dan Fajar Rahmatullah asal Juara III Al Washliya 3 dengan waktu 16 menit 04 detik. 

Juara I, II, III Kategori Pelajar Putri yakni Lenitaria asal SMA Atletik, Maulidasari dan Halimatussakdiah yang merupakan seorang pelajar SMP.

Sedangkan Kategori Umum Putri Odekta  asal DKI Jakarta, Fretty asal Manado, Bayu asal Sumbar.

Sedangkan Kategori Umum Putra Ridwan asal NTB, Nursodiq asal Jogjakarta, dan Hamdan Sayuti asal Sumbar.