Sekda Kota Medan Buka Diklat Kepemimpinan TK. IV

dibaca 161 pembaca

Sekda Kota Medan Buka Diklat Kepemimpinan TK. IV

Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri secara resmi membuka diklat kepemimpinan TK.IV Angkatan XIII dilingkungan Pemko Medan, di Gedung P4TK Medan, Jln. Setia Budi, Kec. Medan Helvetia,Selasa (8/8). Pembukaan diklat ini ditandai dengan pemasangan tanda peserta secara simbolis oleh Syaiful Bahri dan kemudian di ikuti oleh peserta lainnya.


Dalam sambutannya, Syaiful Bahri mengatakan dalam sistem manajemen kepegawaian, pejabat struktural eselon IV memainkan peranan yang sangat penting dalam membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan instansi dan memimpin bawahan dan seluruh pemangku kepentingan strategis untuk melaksanakan kegiatan tersebut secara efektif dan efisien. Tentunya tugas ini menuntut kompetensi kepemimpinan operasional, yaitu kemampuan dalam membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan instansi dan kemampuan mempengaruhi serta memobilisasi bawahan dan pemangku kepentingan strategis dalam melaksanakan kegiatan yang telah di rencanakan. Untuk itulah, penyelenggaraan Diklatpim tingkat IV ini dirancang dengan metode pembelajaran yang inovatif, yaitu penyelenggaraan diklat yang memungkinkan peserta mampu menerapkan kompetensi yang telah dimiliki.


"Penyelenggaraan Diklatpim tingkat IV ini, saudara dituntut untuk menunjukkan kinerja dalam merancang suatu perubahan di unit kerja saudara dan memimpin perubahan tersebut sehingga memberikan hasil yang signifikan. Dengan demikian, pembaharuan Diklatpim tingkat IV ini diharapkan dapat menghasilkan alumni yang tidak hanya memiliki kompetensi kepemimpinan operasional, tetapi juga mampu menunjukkan kinerja dalam memimpin perubahan di unit kerja saudara."kata Syaiful Bahri.


Disamping itu, lanjut Syaiful, dalam kurikulum diklat ini, peserta akan mengikuti kegiatan benchmarking. Untuk itu, Syaiful Bahri menekankan kepada para peserta agar mengoptimalkan waktu dan kesempatan selama benchmarking untuk menggali ide inovasi pada lokus yang di kunjungi, dengan menggunakan metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) sehingga terwujud kepemerintahan yang baik dan bersih serta inovatif dikota Medan.


"Dengan mengikuti Diklatpim tingkat IV ini, saudara diharapkan memiliki kesamaan pola pikir yang dinamis dan bernalar, memiliki wawasan pengetahuan yang komprehensif dan semangat pengabdian yang berorientasi kepada pelayanan prima dan pengembangan partisipasi masyarakat, serta senantiasa tanggap dan memiliki keahlian, kecerdasan untuk berinovasi dan berkreasi yang semakin memenuhi harapan masyarakat terhadap pelayanan publik yang memuaskan."harap Syaiful Bahri.


Sebelumnya, Kepala BKD pengembangan sumberdaya manusia Kota Medan yang diwakili oleh Harun Sitompul,SH mengatakan Diklatpim tingkat IV ini akan berlangsung dari tanggal 8 Agustus 2017 sampai dengan 22 November 2017 dengan di ikuti sebanyak 40 orang peserta.


Adapun tujuan dari pelaksanaan Diklatpim tingkat IV ini ialah untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing.


"Kita berharap usai mengikuti Diklatpim ini para peserta dapat mengembangkan karakter dan sifat prilaku integritas sesuai dengan peraturan perundang-undangan, mampu membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan instansi, melakukan kolaborasi secara internal dan eksternal, menciptakan inovasi sesuai bidang tugasnya dan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya internal dan eksternal organisasi dalam implementasi kegiatan unit instansinya."harap Harun Sitompul.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan