Walikota Tinjau Pembetonan Jalan Krakatau

dibaca 128 pembaca

Walikota Tinjau Pembetonan Jalan Krakatau

Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si didampingi Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan, Khairul Syahnan meninjau pembetonan Jalan Krakatau Medan, Rabu (2/8/2017) siang. Selain ingin melihat sejauh mana pembetonan yang telah dilakukan, peninjauan ini juga dilakukan untuk mengecek kualitas jalan yang telah dibeton. Dengan pembetonan ini diharapkan dapat mendukung kelancaran arus lalu lintas yang selama ini terganggu akibat rusaknya jalan.

Kerusakan Jalan Krakatau ini terjadi akibat pengorekan pipa air limbah atau Metropolitan Sanitation Management and Health Project yang dilakukan beberapa waktu lalu. Guna mengatasi kerusakan tersebut, sebenarnya telah beberepa kali dilakukan penambalan dan pengaspalan. Namun berhubung permukaan jalan tidak rata, perbaikan yang dilakukan kembali rusak karena tidak kuat menahan beban kenderaan bermotor yang melintas.

Sebagai solusinya akhirnya dilakukan pembetonan dengan menggunakan konstruksi besi agar hasilnya lebih kuat lagi. Itu sebabnya begitu tiba di lokasi, Walikota langsung mengecek kualitas pembetonan yang telah dilakukan, termasuk ketebalan beton. Eldin ingin pembetonan yang dilakukan ini benar-benar maksimal sehingga hasilnya memuaskan seluruh masyarakat pengguna jalan.

Selain melakukan pengecekan, Eldin juga memberikan sejumlah instruksi kepada Kadis PU untuk ditindaklanjuti. “Pembetonan jalan ini kita lakukan agar hasilnya lebih kuat dan tahan lama. Selain hasilnya lebih kuat dari pengaspalan, jalan yang diobeton ini tahan terhadap tempratur yang tingi dan biaya pemeliharaannya pun lebih murah,” kata Walikota.

Dengan pembetonan yang dilakukan ini, Walikota berharap dapat mengatasi keluhan para pengguna jalan maupun warga sekitar, sebab aktifitas mereka terganggu akibat rusaknya Jalan Krakatau pasca pengorekan pipa air limbah tersebut. “Insya Allah dengan pembetonan yang dilakukan ini, Jalan Krakatau akan lebih baik lagi,” harapnya.

Selanjutnya mantan Wakil Walikota dan Sekda Kota Medan ini menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh masyarakat pengguna jalan. Sebab, pembetonan yang dilakukan ini berdampak dengan terganggunya kelancaraan arus lalu-lintas. “Atas ketidaknyamanan ini, saya menyampaikan permohonan maaf.  Kita upayakan pengerjaannya dilakukan secepatnya sehingga masyarakat pengguna jalan merasa lebih tenang dan nyaman saat melintasi Jalan Krakatau ini,” ungkapnya.

Sementara itu Kadis PU Kota Medan, Khairul Syahnan mengatakan, pembetonan Jalan Krakatau ini dilakukan Dinas PU Kota Medan. Dia yakin dengan pembetonan yang dilakukan, kualitas Jalan Krakatau pasca pembetonan akan lebih kuat karena didukung dengan konstruksi besi. “Disamping menggunakan konstruksi besi, ketebalan betonnya sekitar 25 cm,” jelas Syahnan.

Menurut Syahnan, pembetonan Jalan Krakatau yang dilakukan sepanjang lebih kurang 1,7 km dengan lebar lebih kurang 16 meter, perinciannya lebar sebelah kanan dan kiri jalan masing-masing 8 meter. Pembetonan awal dilakukan separuh badan jalan sebelah kanan dan separuh jalan sebelah kiri. “Semoga dengan pembetonan jalan yang dilakukan ini dapat memuaskan masyarakat sekitar maupun para pengguna jalan yang selalu menggunakan Jalan Krakatau ini sehari-hari,” harap Syahnan.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan