Wakil Walikota Medan Buka Pameran Buku dan Gebyar Minat Baca

dibaca 710 pembaca

Wakil Walikota Medan Buka Pameran Buku dan Gebyar Minat Baca

Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi, Senin (24/7/2017) membuka Pameran Buku dan Gebyar Lomba Minat Baca, di pendopo Lapangan Merdeka. Acara yang berlangsung sampai Jumat (28/7) ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT ke-427 Kota Medan.  

“Perhelatan ini cukup penting, akan tetapi harus disadari,  Pameran Buku dan Gebyar Lomba Minat Baca 2017 ini, jangan sampai hanya terbatas kepada sisi pelaksanaannya, jauh lebih penting dari itu adalah sisi edukasi terkait pemahaman penggunaan fasilitas perpustakaan, koleksi buku, dan peningkatan minat baca masyarakat dengan baik dan tepat guna,” papar Akhyar dalam acara yang dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Drs Darussalam Pohan MAP, segenap pejabat Pemko Medan, perwakilan penerbit, guru serta siswa yang menjadi peserta berbagai perlombaan yang diadakan guna memeriahkan acara tersebut.

Wakil Walikota mengatakan, buku dengan segala kelebihannya belum bisa tergantikan oleh teknologi. Buku bisa dibaca dimana saja, kapan saja, oleh siapa saja dan bagaimanapun keadaannya. Membaca buku bisa dilakukan di rumah, halte, stasiun, di atas kendaraan bahkan sambil mendengarkan radio. Sedangkan teknologi sering terkendala oleh ketiadaan sumber energi yang bisa menghidupkan piranti teknologi tersebut.

Akhyar berharap perhelatan ini juga dapat menjadi wadah bagi pemerintah daerah untuk memperkuat dan meningkatkan pendidikan non formal melalui informasi di Sumatera Utara dan Kota Medan pada khususnya. Selain itu, lanjutnya, melalui kegiatan ini, diharapkan akan terjalin hubungan baik antara pemerintah daerah, penerbit, pembaca buku, sekolah-sekolah, siswa dan masyarakat .

Sebelumnya, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Drs Darussalam Pohan MAP melaporkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan  yang setiap tahunnya terus ditingkatkan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Dia menyebutkan, jumlah penerbit yang ikut berpameran juga bertambah, di antaranya Gramedia, Erlangga, Niaga Swadaya, Andi Utama, Hi-Pest Group, dan Mizan.

Selain pameran buku dari belasan penerbit, Darussalam melaporkan, kegiatan ini juga diisi dengan berbagai lomba. Di antaranya Lomba Mewarnai Tingkat TK, Lomba Mendongeng Tingkat SD, Lomba Pidato BAhasa Inggeris Tingkat SMP, Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA/SMK, dan Lomba Presenter Berbahasa Inggris untuk umum usia 15-35.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan