Wakil Walikota Harapkan Partisipasi Pemuda Dalam Pembangunan

dibaca 196 pembaca

Wakil Walikota Harapkan Partisipasi Pemuda Dalam Pembangunan

Pemko Medan terus membenahi infrastruktur yang saat ini dititik beratkan pada perbaikan drainase sekaligus jalan-jalan. Diharapkan partisipasi masyarakat untuk ikut merawat hasil-hasil pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemko Medan.

Hal ini diungkapkan Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution M.Si saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Medan Tahun 2017, Jumat (21/7/2017). “Drainase kita harus bisa mengalirkan air ke pembuangannya. Inilah salah satu fokus yang tengah dikerjakan di samping tetap melakukan perbaikan jalan-jalan. Tanpa perbaikan drainase terlebih dahulu, jalan-jalan yang diperbaikin akan cepat rusak karena air yang tidak tertampung di parit akan tumpah ke jalan,” paparnya.

Dalam acara yang dihadiri Ketua DPD KNPI Medan Dedy Ahmad Wiryadi SH MKN, para tokoh pemuda dan tokoh masyarakat Sumut H. syamsul Arifin itu, Akhyar mengungkapkan, selain perbaikan infrastruktur, Pemko Medan juga tetap fokus dalam menjaga kebersihan di kota ini. “Untuk itu kita membutuhkan partisipasi masyarakat, termasuk kalangan pemuda yang tergabung dalam KNPI. Tanpa partisipasi masyarakat, pembangunan tidak akan berlangsung secara baik dan maksimal,” ungkapnya.

Salah satu bentuk partisipasi itu, lanjut Akhyar, dengan adanya rasa memiliki pemuda terhadap hasil-hasil pembangunan. “Rasa memiliki ini tentunya akan menimbulkan kesadaran untuk merawat hasil-hasil pembangunan agar tetap terjaga. Dan paradigma merawat ini sangat penting kita terapkan. Jangan hanya membangun, tetapi lupa merawat. Kita harus juga merawat yang telah kita bangun di kota ini. Karena memang Medan Rumah Kita,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Akhyar menyebutkan, sejarah membuktikan di berbagai belahan dunia perubahan sosial politik menempatkan pemuda di garda depan. Peranannya menyeluruh, tidak hanya seperti mata air, tapi juga hulu, hilir, sampai muara. “Pembangunan membutuhkan kreativitas dan pemuda memiliki jiwa kreatif yang segar dan inovatif,” papar Akhyar.

Sebelumnya, Ketua DPD KNPI Medan Dedy Ahmad wiryadi SH MKN mengungkapkan, Rakerda ini dilakukan untuk mengevaluasi yang telah dilakukan organisasi sekaligus membuat rancangan yang akan dilakukan kedepan.

Disamping itu, Dedy juga mengajak aktivis KNPI dapat menyikapi kondisi sosial akhir-akhir ini. Diantaranya, aktivis KNPI harus menyatakan perang terhadap narkoba yang nyata-nyata telah menciptakan penjajahan jenis baru. Dia juga mengingatkan agar jajarannya dapat menghempang paham-paham radikal yang bertamengkan kata-kata jihad.

 
Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan