Tips Berkemas

dibaca 739 pembaca

Waktu berlibur adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang, terutama para pekerja yang hanya punya waktu berlibur sangat terbatas. Namun, sebelum tiba waktunya menikmati liburan, ada satu pekerjaan yang harus di selesaikan, yaitu berkemas atau packing. Bagi sebagian orang berkemas adalah pekerjaan yang sangat tidak menyenangkan atau bahkan menimbulkan stress. Kita harus benar-benar memilih barang apa yang harus dibawa dan barang apa yang harus ditinggalkan. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat digunakan untuk memudahkan proses berkemas atau packing.

1.    Buat daftar
Sebelum packing, membuat list atau daftar barang bawaan yang diperlukan akan sangat bermanfaat. Dengan ini kecil kemungkinan ada barang yang terlupa dan tertinggal.

2.    Pilih pakaian
Dalam memilih pakaian yang akan dibawa, sebaiknya pilih pakaian dengan warna-warna netral yang dapat dengan mudah dipadu-padankan, sehingga tidak perlu membawa banyak pakaian saat bepergian. Pilih juga pakaian dengan bahan yang nyaman dan sesuai dengan cuaca dan lingkungan tempat tujuan anda.

3.    Jangan melipat pakaian
Pakaian yang dilipat akan memakan banyak tempat di dalam tas atau koper. Sebaiknya gulung pakaian yang akan dibawa. Menggulung pakaian akan memakan lebih sedikit tempat daripada melipatnya.

4.    Pisahkan
Pisahkan perlengkapan elektronik, perhiasan, toiletries, pakaian dalam, dan sebagainya. Gunakan kantung plastik atau pouch kecil untuk menyimpan barang-barang yang sejenis. Hal ini akan memudahkan proses berkemas dan saat mencari barang saat diperlukan.

5.    Manfaatkan tempat
Tempatkan sepatu atau benda-benda yang lebih besar seperti jacket di badian sudut atau bagian bawah koper. Anda juga bisa memanfaatkan sepatu sebagai tempat penyimpanan kaus kaki sehingga lebih menghemat tempat.