CARA CEPAT HILANGKAN SAKIT KEPALA

dibaca 614 pembaca

Gaya hidup atau padatnya aktivitas sehari-hari bisa menjadi salah saru sebab timbulnya stress, yang ujung-ujungnya dapat menimbulkan sakit kepala. Sebelum mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan-bahan kimia, ada baiknya mencoba cara-cara berikut untuk mengurangi rasa sakit kepala.

1.    Air Putih
Sakit kepala merupakan salah satu tanda tubuh mengalami kekurangan cairan atau sering disebut dehidrasi. Jika dehidrasi adalah penyebab sakit kepala, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah minum cukup air. Minum satu gelas air segera ketika muncul sakit kepala dan tetap jada tubuh agar tetap mendapatkan cukup air sepajang hari.

2.    Es
Jika sakit kepala disebabkan oleh stress, maka es batu adalah salah satu solusinya. Kompres kepala atau bagian pelipis menggunakan es batu yang dibungkus dengan handuk selama kurang lebih 10 menit. Cara ini dapat membantu mengecilkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut.  

3.    Air Panas
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sakit kepala bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh mengalami stress. Untuk menghilangkannya dapat dengan menggunakan air panas di bagian pundak atau punggung untuk merilekskan otot. Caranya dapat dengan menggunakan kantung air yang berisi air panas, lalu tempelkan ke bagian pundak atau punggung. Atau dapat dengan cara mandi air panas. Mencelupkan kaki ke dalam air panas selama 10 menit sebelum tidur juga dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala.

4.    Minyak Eucalyptus
Eucalyptus diketahui mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah menyembuhkan. Minyak eucalyptus dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan, juga dapa merilekskan otot. Caranya pijat kepala menggunakan minyak eucalyptus selama 15 sampai 20 menit, bisa juga dengan mencapurkan minyak kelapa dan minyak almond.

5.    Jahe
Jahe mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk mengurangi atau menyembuhkan berbagai macam penyakit. Cukup minum satu cangkir teh dengan campuran jahe sebanyak tiga kali sehari. Jahe dapat mengurangi peredangan yang mungkin terjadi di dalam tubuh dan mengendurkan atau merilekskan pembuluh darah.

6.    Semangka
Seperti yang diesbutkan sebelumnya, sakit belum bisa jadi merupakan tanda bahwa tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Selain minum air putih, cara lain mengurangi dehidrasi adalah dengan mengkonsumsi buah yang banyak mengandung cairan. Salah satu contohnya adalah semangka.

7.    Kopi
Sakit kepala bisa juga disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar. Kafein bisa membantu mennyempitkan pembuluh darah ke ukuran semula. Seperti yang diketahui salah satu sumber kafein adalah kopi. Cukup minum satu gelas kopi saat gejala sakit kepala muncul.