TIPS UNTUK DAPAT TIDUR NYENYAK

dibaca 602 pembaca

Setiap manusia memerlukan tidur. Tidur merupakan waktu dimana tubuh beristirahat setelah seharian melakukan berbagai aktivitas melelahkan. Kita bukan saja perlu memerhatikan jumlah jam tidur, tetapi juga kualitas tidur yang didapat setiap malam. Ada beberapa orang yang walaupun mendapatkan waktu tidur yang cukup, akan tetapi tetap mengalami gejala yang sama dengan orang yang tidak mendapatkan cukup tidur, seperti kelelahan , sulit fokus, dan sebagainya. Hal ini kemumgkinan disebabkan oleh kesulitan dalam mencapai kondisi tidur nyenyak atau lelap, karena otak masih sangat aktif diwaktu seharusnya beristirahat.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dicoba untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.
1.    Hindari makanan berlebihan dan alkohol
Jangan makan diwaktu yang berdekatan dengan waktu tidur. Kita harus menjaga level hormon leptin dan ghrelin, yaitu hormone yang bertanggung jawab atas rasa lapar, sebelum kita tidur. Mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar sebelum tidur akan meingkatkan level kewaspadaan dan dapat menyebabkan kita terbangun sepanjang waktu tidur. Yang harus diperhatikan adalah jangan mengkonsumsi karbohidrat dua jam sebelum waktu tidur.

2.    Matikan semua alat elektronik
Sekitar satu atau setengah jam sebelum tidur, matikan semua alat elektronik yang ada di kamar, seperti komputer, TV, dan handphone. Alat elektronik yang terus menyala dapat mengganggu tingkat kualitas tidur.

3.    Jaga suhu kamar
Selama waktu tidur tubuh mengalami penurunan suhu tubuh. Ruangan yang terlalu panas akan berpengaruh dengan siklus tidur sehingga membuat tidur tidak nyenyak. Suhu kamar yang ideal untuk tidur adalah sekitar 20°C. Penting juga untuk memiliki ventiasi yang baik, sehingga sirkulasi udara di dalam kamar berjalan dengan lancar.

4.    Jaga kamar agar tetap gelap dan hening
Kamar yang gelap dapat membantu tidur lebih nyenyak. Apabila tidak memungkinkan untuk memperoleh suasana kamar yang benar-benar gelap, anda dapat menggunakan masker tidur atau menggunakan tirai berwarna gelap.
Hindari juga mendengarkan music saat waktu tidur. Apabila tinggal di lingkungan yang tidak memungkinkan suasanya yang hening, dapat menggunakan earplug (penutup/ pengumbat telinga).

5.    Naik ke tempat tidur saat benar-benar lelah
Apabila tidak merasa lelah, jangan paksa tubuh untuk tidur. Sebaiknya percepat proses ini dengan melaksanakan aktivitas yang merelaksasi seperti membaca, menulis jurnal, atau meditasi. Seketika merasa mengantuk, maka langsung naik ke tempat tidur.

6.    Olah raga
Olah raga teratur merupakan cara yang baik untuk dapat tidur lebih cepat dan nyenya. Namun perlu diperhatikan apabila anda berolah raga sebelum waktu tidur, pastikan kegiatan olah raga selesai tiga jam sebelum waktu tidur tiba.