Aparatur Pelayanan Publik Pemko Medan Ikuti Diklat Pelayanan Prima

dibaca 338 pembaca

Aparatur Pelayanan Publik Pemko Medan Ikuti Diklat Pelayanan Prima

Sebanyak 102 orang Aparatur Pelayanan Publik Pemerintah Kota Medan
khususnya di Kecamatan dan Kelurahan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan
(Diklat) Pelayanan Prima yang digelar di Hotel Grand Kanaya, Jalan
Darussalam, Senin (10/7). Diharapkan Diklat ini dapat meningkatkan
Kompetensi dan pengetahuan Aparatur dalam pelayanan publik.

Diklat Pelayanan Publik yang digelar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota
Medan ini dibuka Walikota Medan diwakili Asisten Umum Ikhwan Habibi
Daulay. Hadir Kepala BKD Setda Kota Medan M Lahum, perwakilan dari Lembaga
Administrasi Negara (LAN) Ir Ivone Pongoh dan Harditya, serta Para peserta
Diklat dari Kecamatan dan Kelurahan se Kota Medan.

Dikatakan Walikota yang disampaikan Ikhwan Habibi, saat ini reformasi
birokrasi masih menjadi isu strategis nasional. Hal ini dapat dilihat dari
rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Aparatur Sipil Negara,
terutama pada pelayanan publik.
Artinya tuntutan untuk menjadi Aparatur sekaligus pelayanan publik yang
cekatan, dinamis, inovatif dan kreatif tidak bisa ditunda, karena menjadi
kewajiban Aparatur pemerintah  sesuai dengan dinamika perubahan global dan
tuntutan masyarakat.

"Pembekalan ini dapat menjadi wahana sosialisasi dan edukasi yang efektif
untuk berbagi informasi, serta saling bertukar saran dan pendapat yang
membangun dan bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi Aparatur Pelayanan
Publik", katanya.

Dijelaskan Ikhwan, Setiap Aparatur harus menyadari bahwa dirinya sudah
mewakili Pemko Medan untuk memberikan layanan berkualitas, serta
berkewajiban untuk menjaga reputasi dan kredibilitas dalam mewujudkan visi
dan harapan pemerintah kota. Artinya setiap Aparatur harus menyadari bahwa
kehadiran kita ditengah - tengah masyarakat adalah untuk melayani bukan
dilayani.

"Saya berharap para aparatur dapat melakukan pelayanan yang efektif dan
produktif dengan konsep ",Know Your Customer", sehingga menjadikan
pelayanan tersebut dapat dipertanggungjawabkan dalam tata kelola yang
transparan dan berwibawa", jelas Ikhwan.

Selanjutnya Ikhwan juga berharap, keikutsertaan para aparatur dalam Diklat
ini merupakan bagian dari strategi pokok untuk meminimalisir permasalahan -
permasalahan yang selalu kita temui pada implementasi nantinya. "keseriusan
para peserta Diklat sangat diharapkan. artinya jika kita memiliki SDM yang
semakin berkualitas dan profesional, maka pelayanan publik juga akan
semakin baik", harap Ikhwan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Medan Lahum menjelaskan tujuan Diklat
ini untuk meningkatkan kompetensi aparatur pelayanan publik khususnya di
tingkat Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan pemko Medan sebagai aparatur
pemberi layanan agar memiliki kemampuan berupa pengetahuan, keterampilan
dan sikap yang baik dalam melayani masyarakat.

"Jumlah peserta Diklat Pelayanan Prima ini berjumlah 102 orang. Diklat yang
berlangsung dari tanggal 10 Juli sampai dengan tanggal 21 Juli 2017 akan
diisi materi tentang konsep dan kebijakan pelayanan prima, pola
penyelenggaraan pelayanan publik, membangun pola pikir pelayanan, motto
pelayanan dan revolusi mental dalam inovasi pelayanan dan pengembangan
inovasi pelayanan publik", jelas Lahum.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan