Walikota Buka Medan Fashion Week 2017, Songket Medan Diluncurkan

dibaca 532 pembaca

Walikota Buka Medan Fashion Week 2017, Songket Medan Diluncurkan

Setelah Sukses Dengan Batik Medan, Ketua Dekranasda Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin S. M.Si, mengembangkan Songket Medan yang mengusung Ikon Kota Medan. Kain Songket Medan dengan motif Istana Maimun, Payung Tepak, Becak, Durian dan Tembakau Deli ini di Launching pada Medan Fashion Week 2017, Sabtu (8/7/2017) di Hotel Adimulya Medan. Diharapkan Songket Medan ini semakin menguatkan identitas busana Kota Medan yang Khas.

Selain Peluncuran Songket Medan, acara Medan Fashion Week 2017 yang digelar dalam rangka Hut Kota Medan ke - 427 ini  juga menampilkan Batik Medan yang merupakan karya desain Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin yang juga Ketua TP PKK Kota Medan. Busana Batik Medan desain terbaik Hj. Rita dengan berbagai motif dibawakan para model profesional, tidak hanya untuk pakaian formal, Batik Medan juga dapat digunakan sehari - hari dan saat santai seperti busana pantai, casual dan kekinian bahkan Tas, sepatu dan Koper juga dapat menggunakan batik Medan.

Acara Medan Fashion Week ini dibuka Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si dimulai dengan penampilan tarian melayu yang dibawakan penari dengan mengenakan Songket Medan dengan berbagai motif yang merupakan ciri khas kota Medan. 

Setelah penampilan tarian Melayu, para model berjalan diatas Catwalk memperkenalkan berbagai busana Batik Medan dan Songket Medan dengan berbagai motif yang diikuti oleh desainer Hj. Rita Maharani sebagai penutup penampilan karya terbaiknya. Selanjutnya Hj. Rita yang juga Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Sumut ini mendapatkan Handbouqet dari Walikota Medan yang juga merupakan Suaminya dan dari para tamu undangan yang Hadir dari berbagai elemen pecinta fashion.

Suasana Medan Fashion Week 2017 yang diramaikan pengunjung semakin meriah dengan penampilan Artis Ibu Kota Titi Dj yang membawakan beberapa lagu andalannya diantaranya berjudul Sang Dewi, Jangan Berhenti Mencintai, bahkan request Hj. Rita Maharani yang berjudul Mata Indahmu juga dibawakan penyanyi dengan suara emas ini.

Selanjutnya Medan Fashion Week 2017 dirangkaikan dengan pelelangan Busana Batik Medan yang hasilnya akan didonasikan pada Yayasan Jantung Indonesia. Sebanyak 28 model busana Batik Medan dengan berbagai Motif laku dilelang kepada para tamu undangan yang hadir. Dengan hasil Lelang ini Hj. Rita turut bersyukur sebab, selain busana karyanya yang disukai, sebagian akan didonasikan kepada Yayasana Jantung Indonesia.

Ketua Dekranasda Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin mengungkapkan Apresiasi kepada Pemko Medan yang telah menyelenggarakan Medan Fashion Week 2017. Artinya kegiatan ini sebagai bentuk dukungan serta motivasi kepada saya dan seluruh desainer kota Medan khususnya komunitas desainer medan dalam mengembangkan inovasi serta karya - karya yang mengusung ikon kota Medan. "Selain para desainer Medan, Acara ini juga melibatkan desainer ternama Indonesia yakni Erdan yang memang mendedikasikan diri dan meneyalurkan karya desain mengangkat tema Indonesia. Artinya sungguh merupakan kolaborasi yang apik dalam membumikan Songket Medan dan Batik Medan kedepannya", Kata Hj. Rita yang merupakan penggagas Galeri Maharani, tempat yang mengkoleksi berbagai jenis Batik Medan.

Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si menyambut baik Medan Fashion Week 2017, sebab kegiatan ini sebagai menghidupkan dan memperkenalkan produk lokal yang ada Kota Medan miliki seperti Songket Deli dan Batik Medan. Artinya Kota Medan memiliki berbagai produk - produk dan kesenian lokal yang tidak dimiliki oleh daerah - daerah lainnya. "Batik Medan dan Songket Medan memiliki keunikan sendiri, dengan menunjukkan motif ikon - ikon kota seperti Becak Medan, Istana Maimun, Tjong A Fie dan Tembakau Deli. Tentunya hal ini yang membedakan Songket Medan dan Batik Medan dengan batik maupun songket daerah lainnya", kata Walikota.

Walikota Berharap Batik Medan dan Songket Medan yang ditampilkan pada Medan Fashion Week ini tidak hanya sampai pada penyelenggaraan daerah saja, namun juga sampai tingkat Nasional maupun internasional. Dengan demikian, Kota Medan dapat semakin dikenal oleh masyarakat Luas.

Hadir pada Medan Fashion Week 2017 Wakil Wali Kota Medan Ir. Akhyar Nasution M.Si, Ketua DPRd Medan Iswanda Nanda Ramli, Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia Pusat Syahlina Zuhal, Forkominda Kota Medan, Mantan Walikota Medan Abdillah Ak MBA, Konsulat Jendral Moskow, Pimpinan SKPD dan Camat se-Kota Medan, Pengurus TP PKK Kota Medan, Para pecinta Fashion, dan Iwapi Kota Medan.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com