Walikota Medan resmi buka festival kuliner kota Medan

dibaca 659 pembaca

Walikota Medan resmi buka festival kuliner kota Medan

Dalam rangka memeriahkan Hut Kota Medan ke 427 tahun, Pemerintah Kota (pemko) Medan menggelar festival kuliner Kota Medan di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (6/7). Festival kuliner yang berlangsung dari tanggal 6-8 Juli ini menyajikan beragam kuliner khas kota Medan yang terkenal dengan kelezatan rasanya seperti lontong medan, nasi soto medan, sate, berbagai minuman, durian medan dan beragam kuliner lainnya.

Festival kuliner yang ketiga kalinya di gelar sejak tahun 2015 ini dibuka langsung oleh Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi. Turut hadir dalam pembukaan festival kuliner kota Medan ini Ketua TP PKK Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin SH, Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri, sejumlah pimpinan SKPD dan Camat dilingkungan Pemko Medan.

Selain itu tampak hadir pula unsur FKPD Kota Medan diantaranya Danlanud Soewondo, Kol. PNB. Daad Sulfi, S.Sos, Kasdim 0201/BS, Letkol Inf Edison Sinabutar, Wakapolrestabes Medan, AKBP Tatan Dirsan Atmaja SIK, Dandenpom 1/5 Medan, Letkol CPM David Medion,S.IP, Anggota DPRD Medan, H. Arif, SE, Kepala Konsul Rusia, M. Fauzi Nst dan sejumlah unsur dewan kota Medan.

Walikota Medan dalam sambutannya mengatakan Kota Medan merupakan kota yang mashyur dengan wisata kulinernya yang terkenal dengan keberagaman dan kelezatannya. Di kota ini juga menyajikan banyak pilihan wisata kuliner yang siap memanjakan lidah para wisatawan yang sedang berlibur maupun masyarakat lokal penikmat kuliner.

Keberagaman dan kelezatan kuliner Kota Medan ini, lanjut Walikota , didapat dari pencampuran aneka budaya yang melebur membentuk identitas kuliner yang memiliki citarasa khas Medan yang sudah bertahan eksis sejak puluhan tahun bahkan ratusan tahun silam. hingga saat ini, citarasa tersebut terus dipertahankan bahkan ditingkatkan kualitasnya demi menjaga citarasa khas tersebut.

"Disukainya kuliner kota medan membuktikan bahwa kita siap menjadikan kuliner sebagai salah satu faktor penggerak ekonomi masyarakat, khususnya dalam hal bisnis skala kecil. Kuliner yang khas juga mampu menjadi faktor daya tarik sekaligus sebagai tujuan wisata ke suatu destinasi tertentu ditanah air."kata Walikota.

Lebih lanjut lagi, Walikota mengungkapkan Indonesia saat ini sedang menuju destinasi wisata kuliner terfavorite di dunia yang berdaya saing melalui upaya-upaya yang terus dilakukan, termasuk promosi ke luar negeri. Upaya ini dilakukan untuk semakin menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta dan minat masyarakat terhadap kuliner nusantara. Bahkan, kuliner nusantara juga kini semakin banyak diolah oleh chef dari berbagai belahan dunia. Menurut mereka Kuliner nusantara memiliki kualitas yang bagus dan karakter yang unik, dan dari mereka juga Indonesia mendapatkan banyak masukan untuk mengembangkan wisata kuliner berstandar global di tanah air.

"Kuliner nusantara terbukti memiliki daya tarik yang besar, apalagi setelah dinobatkannya rendang, sate dan nasi goreng sebagai makanan terlezat di dunia. Oleh Karena itu melalui festival kuliner Kota Medan ini, saya berharap kita semua dapat bergandengan tangan melestarikan dan mempromosikan kuliner khas kita ke dunia agar menjadi semakin populer dan bermartabat."harap Walikota.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Budi Hariono, S.STP,.MAP dalam laporannya mengatakan sektor pariwisata saat ini telah menjadi andalan sumber penerimaan asli daerah. Keberagaman kuliner sebagai representasi dari keberagaman suku yang ada dikota medan merupakan salah satu daya tarik wisata dikota Medan disamping daya tarik wisata lainya seperti bagunan bersejarah.

Untuk itulah, sebagai apresiasi atas keberhasilan pelaku usaha kuliner kota Medan serta untuk terus mengembangkan kuliner dikota Medan secara berkelanjutan, maka Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata menyelenggarakan festival kuliner tahun 2017.

"Festival kuliner ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan sejak tahun 2015 dan sangat istimewa karena bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Medan ke 427."ujar Budi.

Adapun tujuan penyelenggaraan festival kuliner ini, menurut Budi ialah untuk mempromosikan pariwisata Kota Medan melalui daya tarik kuliner dan memelihara serta meningkatkan kemampuan para pelaku kuliner sehingga dapat bersaing di era masyarakat ekonomi asean yang pada akhirnya mampu menggerakkan roda perekonomian kota Medan kedepannya.

Perlu diketahui, Selain menampilkan kuliner-kuliner khas kota Medan, dalam festival ini juga mengadakan makan durian sepuasnya. Dimana masyarakat dapat menikmati kelezatan durian medan sepuasnya hanya dengan membayar Rp.60.000. Serta menikmati rangkaian hiburan seperti akustik band, Bazaar kuliner sebanyak 38 stand, tari-tarian dan stand up comedy.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan