Walikota Medan sampaikan Nota Pengantar terkait Ranperda Kota Medan Tentang Izin Lingkungan

dibaca 424 pembaca

Walikota Medan sampaikan Nota Pengantar terkait Ranperda Kota Medan Tentang Izin Lingkungan

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi menyampaikan nota pengantar terkait rancangan peraturan daerah (ranperda) kota Medan tentang izin lingkungan. Nota pengantar ini disampaikan melalui sidang paripurna DPRD Medan yang digelar di Gedung DPRD Medan, Senin (19/6).


Dalam nota pengantar yang dibacakan Walikota Medan menjelaskan bahwa lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan prilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi manusia yang harusnya diwujudkan kelestariannya dalam mendukung pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.


Berdasarkan hal tersebut, lanjut Walikota, maka Pemko Medan telah mengajukan rancangan peraturan daerah (ranperda) Kota Medan tentang izin lingkungan, dengan maksud agar memberikan perlindungan terhadap kelestarian lingkungan hidup dengan meningkatkan upaya pengendalian dan pengawasan setiap usaha dan/atau kegiatan yang melestarikan fungsi lingkungan hidup serta bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap lingkungan hidup yang lestari dan berkelanjutan, meningkatkan upaya pengendalian usaha dan/atau kegiatan yang berdampak negatif pada lingkungan hidup.


"Dengan pengajuan ranperda tentang lingkungan ini, diharapkan dewan yang terhormat dapat membahasnya sesuai dengan tata tertib dewan yang berlaku dan selanjutnya memberikan persetujuan dalam waktu yang tidak terlalu lama untuk seterusnya kami tetapkan menjadi peraturan daerah kota Medan."harap Walikota Medan.


Sidang paripurna DPRD Medan ini dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Medan Hendry Jhon Hutagalung, para wakil ketua dan anggota DPRD Kota Medan, Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi, Pimpinan SKPD dilingkungan Pemko Medan serta camat sekota Medan.


Sumber: Dinas Kominfo Kota Medan

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com