Gubernur Sumut dan Walikota Medan Mengawali Safari Ramadhan di Masjid As Saadah Medan Labuhan

dibaca 425 pembaca

Gubernur Sumut dan Walikota Medan Mengawali Safari Ramadhan di Masjid As Saadah Medan Labuhan

Gubernur Sumatera Utara Ir H T Erry Nuradi Msi bersama Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi dan beserta rombongan Pejabat memulai Safari Ramadhan 1438 H  di Masjid As Saadah, Lingkungan I Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Rabu (31/5).

Sekitar 500 jamaah Masjid As Saadah hadir dengan para ulama dan tokoh masyarakat setempat termasuk, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho, Dandim 02/01 BS Letkol Inf Bambang Herqutanto, dan Ketua MUI Kota Medan, Prof Mohd Hatta.

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin Msi dalam kesempatan tersebut menyerahkan dana bantuan sebesar Rp 40 Juta dan paket Ramadhan berupa sembako untuk BKM Masjid As Saadah. Selain itu Gubernur Sumut juga memberikan bantuan untuk BKM satu unit Sound system dan santunan kepada anak yatim piatu yang berada di lingkungan tersebut.

Selanjutnya Walikota Medan dalam sambutannya mengatakan keberadaan rombongan Safari Ramadhan merupakan upaya untuk memupuk jalinan silaturahmi, antara pemerintah dengan ulama dan masyarakat khususnya umat muslim. artinya melalui ini dapat terbangun ukhuwah islamiah, sehingga dapat terbangun hubungan yang harmonis antara pemerintah, ulama dan umat.

"Semoga hubungan baik ini dapat menjadi spirit besar bagi kita semua, sehingga berbagai program pembangunan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik guna mewujudkan misi kota Medan yakni meningkatkan kualitas masyarakat Kota", kata Walikota.

Menurut Walikota, melalui Safari Ramadhan ini kita juga dapat merasakan keramahtamaan dan solidaritas diantara kita semua yang semakin terbangun dengan baik. Terlebih dibulan yang penuh rahmat ini, lanjut Eldin, momen ini semakin terasa semakin spesial karena kehadiran kita mencerminkan sebuah keluarga besar dengan jati diri Medan Rumah Kita.

"Safari Ramadhan ini merupakan agenda tahunan Pemko Medan yang dilaksanakan di 21 Kecamatan se Kota Medan. Kegiatan ini perlu untuk menjaga dan menguatkan silaturahmi dan ini semua dilakukan karena kebersamaan. Insya Allah, melalui kegiatan ini silaturahmi semakin kuat dan “Medan Rumah Kita” menjadi semakin paten,” Kata Walikota.

Sementara Itu, Gubernur Sumut Ir H T Erry Nuradi Msi, mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara, terutama Kota Medan mampu terus menjaga dan memelihara kerukunan hidup beragama, baik sesama muslim maupun dengan umat lain. untuk itu, Dia mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kota Medan dan para alim ulama yang ikut serta mendukung pembangunan dan menjaga situasi kondusif di Sumatera Utara khususnya Kota Medan. 

" Safari Ramadhan ini ciri khas di Indonesia, karena tidak ditemui di negara lain. Artinya Safari Ramadhan dan Halal bi Halal tidak dikenal di negara mayoritas muslim lainnya. Karena ini menjadi kearifan dan keunikan masyarakat kita yang harus tetap kita jaga dan lestarikan ", kata Gubsu.

Kunjungan Safari Ramadhan 1438 H ini juga diisi tausiah singkat oleh Ketua MUI Kota Medan Prof Mohd Hatta. Dikatakannya dalam Bulan Ramadhan ini banyak ibadah yang dapat kita lakukan guna memperoleh pahala, diantaranya adalah kita dapat membangun hubungan baik kepada Allah Swt dan Kepada Manusia.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan