Walikota Medan Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

dibaca 625 pembaca

Walikota Medan Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S, M.Si memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila yang untuk pertama kalinya diselenggarakan setelah ditetapkan menjadi Hari Libur Nasional tahun 2016 lalu. Upacara tersebut digelar di halaman depan Kantor Walikota Medan, Jl. Kapten Maulana Lubis, Kamis (1/6), diikuti oleh seribuan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Medan.

Upacara ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Medan, H. Iswanda Nanda Ramli, SE, Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan Ir. Syaiful Bahri, serta pimpinan SKPD dan Camat Se-Kota Medan. Walikota  Medan Dzulmi Eldin ketika membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo menekankan Bangsa Indonesia baik TNI, Polri, ASN dan masyarakat sipil harus tetap menjunjung tinggi komitmen untuk senantiasa mempertahankan ideologi Pancasila.

“Pahlawan Proklamator kita Ir Soekarno bersama para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sebagai Founding Father Pancasila yang adalah dasar dan ideologi bangsa Indonesia telah berjuang untuk mencetuskan poin-poin yang tertuang dalam ideologi Pancasila tersebut. Sebagai generasi penerus kemerdekaan, kita harus mampu menjaga keutuhan ideologi Pancasila,” ujar Walikota Medan sambil membacakan sambutan Presiden Jokowi.

Sekarang ini saja sambung Walikota, perkembangan informasi yang serba cepat dan luas, banyak dijadikan media bagi oknum-oknum perusak bangsa untuk menghancurkan dan mengolok-olok ideologi Pancasila.

Untuk itu Presiden Joko Widodo melalui pidatonya mengingatkan bangsa Indonesia agar berhati-hati terhadap penyebaran isu-isu kebohongan (hoax) yang dapat merusak moral bangsa tertutama dalam merusak persatuan dan kesatuan bangsa yang selama ini telah tercipta dengan baik.

“Saya mengajak peran aktif para Ulama, Ustadz, Pendeta, Pastor, Bhiksu, Pelaku Media, Jajaran Birokrasi, TNI, Polri serta seluruh masyarakat untuk menjaga Pancasila. Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan,” ajak Eldin dihadapan para peserta upacara.

Bangsa Indonesia harus tetap waspada terhadap segala jenis pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan idiologi Pancasila. Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa Pemerintah akan mengambil tindakan tegas terhadap organisasi dan gerakan yang Anti Pancasila, Anti UUD 1945, Anti NKRI, Anti Bhineka Tunggal Ika karena hal tersebut sangat ditentang di Indonesia.

“Kita jaga perdamaian, jaga persatuan, persaudaraan, bersikap santun, saling menghormati, toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Semua Anda Indonesia, Semua Anda Pancasila, Saya Indonesia, Saya Pancasila,” tutup Eldin mengakhiri sambutan Presiden RI.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih yang dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila oleh Walikota Medan Dzulmi Eldin dan diikuti oleh seluruh peserta Upacara.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Medan Iswanda Nanda Ramli, SE pada kesempatan itu membacakan naskah Surat Keputusan Presiden RI No 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang mana terhitung 1 Juni 2016 telah ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila dan dalam kalender nasional ditetapkan sebagai bagian dari Hari Libur Nasional. Yang diakhiri dengan lagu-lagu Nasional seperti Garuda Pancasila.

Selain melakukan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Walikota Medan Dzulmi Eldin kemudian memimpin rapat kerja bersama Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan Syaiful Bahri, serta seluruh pimpinan SKPD dan Camat se-Kota Medan di Ruang Rapat III Kantor Walikota Medan, hal ini guna membahas program-program kerja Pemko Medan untuk meningkatkan efektifitas pelayanan kepada  masyarakat ke depannya.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan