MANFAAT TIDUR BAGI ANAK

dibaca 544 pembaca

Seperti halnya orang dewasa jam tidur yang cukup sangat diperlukan oleh balita. Beberapa hasil penelitian menunjukan jika si kecil kurang tidur maka
dapat mempengaruhi kesehatan, berat badan, dan bahkan mood mereka. Pastikan si kecil mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya. Meski nampak tidak
ngantuk, jika sudah waktunya tidur kondisikan mereka untuk segera menuju kamar tidur.
Berapa lama harusnya si kecil tidur dalam sehari?
Menurut seorang dokter anak yang banyak melakukan penelitian seputar masalah tidur pada anak, Judith A. Owens, M.D., MPH, sebagaimana di kutip
detik.com, anak balita membutuhkan 12-14 jam dalam sehari semalam untuk tidur. Jika si kecil tidur 10-12 jam diwaktu malam upayakan agar mereka
tidur siang selama 2 jam.
Seiring dengan pertambahan usia anak balita jam tidur siang biasanya akan berkurang atau bahkan mereka tidak tidur siang lagi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa 50% anak usia 4 tahun masih perlu tidur siang, sedang ketika usia mereka menginjak 5 tahun, 70% diantaranya sudah berhenti tidur
siang.


Peran penting cukup tidur bagi si buah hati :

1. Menjaga kesehatan.
     Waktu tidur diperlukan tubuh si kecil untuk mengembalikan tenaga yang digunakan mereka selama beraktifitas saan terbangun.                Kebutuhan energi mereka sangat besar karena masa pertumbuhan dan keaktifan mereka. Tidur lelap adalah waktu yang tepat bagi          tubuh si kecil untuk beristirahat serta mengembalikan tenaga dan kesegaran mereka.

2. Mengurangi sakit.
    Jika si kecil sedang mengalami sakit termasuk sakit gigi atau karena keseleo, mendapatkan waktu tidur yang cukup dipercaya dapat         mengurangi intensitas sakit yang dialami mereka, sayangnya jika si kecil sedang mengalami sakit mereka lebih cenderung rewel dan     susah tidur.

3. Menjaga suasana hati.
  Anak yang mengalami kurang tidur cenderung lebih rewel, mudah cemas, dan kurang tertarik dengan sekelilingnya. Selain        menimbulkan kelelahan kurang tidur pada si kecil juga dapat meyebabkan suasana hati yang kurang nyaman.

4. Merangsang pertumbukan.
Sebuah penelitian yang dilakukan Medical School Harvard University menunjukan bahwa anak balita yang cukup tidur cenderung memiliki pertumbuhan
tubuh yang lebih optimal dibanding yang kurang waktu tidurnya.

5. Meningkatkan kemampuan memproses informasi.
Menurut sebuah penelitian yang dikakukan di University of Arizona, anak balita yang cukup tidur mempunyai kemampuan lebih tinggi dalam hal
memproses informasi dan mengaplikasikan pengetahuanya. Saat mereka cukup tidur maka tubuh menjadi lebih fit serta mampu memproses informasi yang diterima secara optimal.

6. Waktu bagi tubuh beristirahat.
Hari-hari si kecil dipenuhi dengan aktifitas dan petualangan yang melibatkan tidak hanya otot tapi juga otak, dan organ-organ ditubuhnya. Saat
mereka tertidur adalah saat dimana tubuh mengistirahatkan semua bagiannya sehingga saat bangun ia menjadi lebih segar dan siap beraktifitas
kembali.

Beberapa Tips supaya anak terbiasa tidur siang :
- Buat suasana kamar mejadi menyenangkan, misalnya suhunya yang sejuk, tenang
- Bebaskan kamar anak dari barang elektronik yang dapat mengganggu waktu tidurnya.
- Matikan gadget satu jam sebelum waktu tidur tiba.
- Ajarkan pada anak tentang manfaat tidur siang
- Berikan makanan yang mengandung serotonin, seperti : pisang, yogurt, susu dan produk olahan lainnya, karena makanan tersebut terbukti mampu
merangsang keinginan untuk tidur.