TIPS BERKEBUN UNTUK PEMULA

dibaca 434 pembaca

Berkebun adalah salah satu hobi yang banyak ditekuni karena manfaat yang dihasilkan, seperti membakar kalori dan mendapatkan hasil yang bermanfaat, baik itu berupa buah dan sayuran yang sehat atau bunga-bunga yang indah. Berikut beberapa tips yang dapat dimanfaatkan apabila anda ingin memulai untuk berkebun.

1. Ketahui wilayah dan lahan
Peraturan pertama untuk pemula adalah ketahui daerah dimana anda tinggal, ketahui jenis tanah dan cuaca sekitar. Area atau wilayah dan jenis tanah memengaruhi jenis tanaman yang dapat tumbuh. Mengetahui keadaan iklim, curah hujan, pencahayaan matahari adalah dasar-dasar dalam berkebun yang akan membantu dalam menentukan jenis tanaman apa yang paling baik untuk ditanam. selain itu, mengetahui tingkat pH tanah juga diperlukan untuk mengetahui tanaman apa yang bisa tumbuh di tanah dengan tingkat pH tertentu.
 
2. Pilih jenis tanaman
Ada beberapa jenis tanaman yang lebih mudah tumbuh dibandingkat tanaman lainnya. sebagai pemula ada baiknya memilih tanaman yang mudah untuk ditanam dan dirawat serta yang lebih mudah tumbuh. Pilih tanaman yang membutuhkan sedikit perawatan. Beberap jenis tanaman yang mudah tumbuh antara lain tomat, bawang, cabai, bunga matahari, dahlia, dan mawar.

3. Pengairan
Pengairan adalah langkah yang paling penting dan paling dasar dalam bercocok tanam. Jika tidak dilakukan dengan teratur, akan dapat membunuh tanaman dengan sangat mudah. Pengairan, untuk permulaan, harus dilakukan secara konsisten dan dilakukan pada waktu yang tepat. Saat yang terbaik untuk mengairi tanaman adalah di pagi hari saat matahari belum terlalu tinggi. Hal ini akan menolong tanaman untuk menyerap air. Mengairi atau menyiram tanaman di sore hari dapat menyebabkan jamur atau cendawan. Pastikan tanaman mendapatkan asupan air yang cukup, tetapi hidari untuk menyiram daun. Daun yang basah dapat menyebabkan jamur daun daun menjadi busuk. Namun perhatikan agar jangan sampai terlalu banyak memberi air, daun yang kuning bisa menjadi tanda bahwa terlalu banyak pengairan.

4. Perawatan
Semua tanaman membutuhkan nutrisi yang disediakan tanah untuk dapat tumbuh dengan baik. Salah satu dasar bercocok tanam adalah menutrisi tanaman dengan tanah yang dipupuk dengan baik. Pupuk dapat diperoleh secara alami atau buatan. Gunakan sampah rumah tangga sebagai kompos dan untuk berkebun organik. Angin-anginkan tanah sebelum menanam benih. Pemangkasan juga diperlukan untuk meningkatkan sirkulasi udara ke dalam tanaman.

5. Bersabar
Bercocok tanam adalah proses yang lama dan diperlukan kesabaran, khususnya bagi pemula. Jangan terlalu sering menyiram tanaman dan rewel apabila tanaman tanaman tidak tumbuh dalam jangka waktu yang diharapkan.