TANAMAN UNTUK KAMAR TIDUR

dibaca 434 pembaca

Setiap hari kita menghabiskan sepertiga waktu kita untuk tidur. tidur merupakan indikator penting yang menunjukkan tingkat kesehatan. oleh karena itu, tidur yang nyenyak dan bermutu sangat diperlukan oleh tubuh agar keesokan harinya dapat beraktivitas dengan lebih maksimal. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat tidur menjadi lebih baik, antara lain dengan meletakkan beberapa jenis tanaman yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas udara dan keadaan di kamar tidur. Beberapa tanamn berikut selain membuat ruangan menjadi lebih indah dan enak dipandang juga berfungsi untuk membersihkan dan menyegarkan udara.

1. Melati
Bunga yang menjadi bunga nasional Indonesia ini memiliki aroma yang spesifik dan tajam. Aroma bunga ini juga diketahui memiliki efek yang menenangkan untuk tubuh dan pikiran yang bermanfaat dalam menurunkan tingkat stress. Pengurangan tingkat stress akan mengarah ke kualitas tidur yang lebih baik.

2. Snake Plant
Tanaman ini di Indonesia dikenal dengan nama lidah mertua. Pertumbuhan tanaman ini tergolong lambat dan dapat ditempat yang kering dengan sedikit cahaya, sehingga cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan. Tanaman ini menghasilkan oksigen di malam hari bersamaan dengan menyerap karbondioksida yang kita hasilkan saat bernapas.  Tanaman ini juga menyaring racun rumah tangga yang ada di udara. Hal ini akan menghasilkan udara yang berkualitas lebih bersih dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Lidah Buaya
Lidah buaya atau aloe vera memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Tanama ini memiliki menfaat untuk memulihkan, membantu pencernaan, dan mempercepat penyembuhan luka.  Sama seperti tanaman snake plant/ lidah mertua, lidah buaya juga melepaskan oksigen di malam hari, dan membuat ruangan atau kamar tidur menjadi lebih segar dan bersih.

4. Peace Lily
Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih yang sangat indah sehingga dapat menjadi hiasan di dalam ruangan. Tanama ini juga dapat membersihkan udara walaupun tidak sebaik tanaman lain seperti lidah buaya atau lidah mertua. Tanaman ini juga dapat menjaga kelembaban udara.

5. Photos Plant
Dapat disebut juga dengan devil’s ivy, di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama sirih belanda. Tanaman ini salah satu tanaman yang mudah sekali untuk di tanam dan salah satu tanaman pembersih udara terbaik. Manfaat sirih belanda sebagai penyerap polusi dalam ruangan telah melalui serangkaian penelitian salah satunya adalah kemampuannya dalam menyerap polutan dari asap rokok. Perawatannya cukup mudah, letakkan tanaman ini ditempat yang sedikit terang, tetapi tidak terlalu panas dan siram ketika tanahnya terasa kering.