PENGOBATAN RUMAHAN UNTUK SAKIT GIGI

dibaca 293 pembaca


Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti gigi berlubang, retak, atau infeksi gusi. Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri yang ada di mulut yang berasal dari beberapa jenis makanan yang dimakan. Bakteri tersebut menghasilkan asam yang merusak gigi, dan ketika kerusaka tersebut mencapai saraf, maka timbullah rasa sakit. Biasanya apabila mengalami sakit gigi, langkah yang paling baik adalah langsung mengunjungi dokter gigi untuk menghentikan rasa sakitnya atau dengan membeli obat di apotek.  Ada juga pengobatan sederhana yang dapat dicoba di rumah denga bahan-bahan yang ada.


1.    Bawang putih
Bawang putih terbukti sangat efektif sebagai antiseptic karena mengandung sifat antivirus, anti jamur, dan anti bakteri. Yang membuatnya begitu efektif untuk menyembuhkan adalah terdapat senyawa alisin. Cara menggunakannya adalah cincang atau hancurkan satu suing bawang putih dan diamkan selama sepuluh menit untuk mengaktifkan alisin. Kemudian oleskan ke bagian yang terasa sakit, namun jangan menggunakan terlalu banyak karena akan terasa panas, lalu bilas dengan air hangat. Atau bisa juga langung dengan mengunyah bawang putih menggunakan gigi yang terasa sakit.

2.    Cengkeh
Cengkeh memiliki sifat anti infeksi anti bakteri, antioksidan, dan sifat anestesis yang dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi dan melawan infeksi. Cengkeh telah lama digunakan untuk membuat saraf mati rasa karena senyawa eugenol yang memiliki sifat anestesis. Giling dua atau lebih cengkeh dan campurkan dengan sedikit minyak zaitun atau minyak sayur lainnya, atau bias juga menggunakan minyak cengkeh yang mudah didapatkan di pasaran. Oleskan atau usapkan ke area yang terasa sakit, atau celupkan kapas ke cengkeh dan oleskan ke gigi atau gusi yang sakit.

3.    Garam
Air garam dapat membantu untuk membersihkan sisa sisa makanan yang ada di dalam mulut dan membersihkan bakteri-bakteru yang mungkin ada di sekitar bagian mulut yang terasa sakit. Caranya cukup dengan mencampurkan garam dengan air hangat kemudian kumur-kumur selama tiga puluh detik. Ulangi sebanyak satu atau dua kali, dapat dilakukan beberapa kali sehari.

4.    Bawang
Bawang memiliki sifat antiseptic dan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri di dalam mulut yang dapat menyebabkan rasa sakit. Apabila terjadi gejala sakit gig, anda dapat langsung mengunyah bawang merah di area yang sakit. Atau dapat dengan memotong bawang lalu letakkan di gigi atau gusi yang sakit.

5.    Teh peppermint
Teh peppermint memiliki rasa yang enak dan efek untuk membuat kebas atau mati rasa. Seduh satu sendok the bubuk teh peppermint dengan 1 cangkir air mendidih, biarkan meresap selama 20 menit. Setelah dingin gunakan air the tersebut untuk kumur-kumur. Ulangi proses ini beberapa kali sesuai dengan kebutuhan.