Dinas PU Atasi Genangan Air di Jalan Suprapto

dibaca 65 pembaca

Dinas PU Atasi Genangan Air di Jalan Suprapto

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan  berusaha mengatasi genangan air yang terjadi di sejumlah titik di Kota Medan. Salah satunya genangan air yang terjadi di Jalan Letjen Suprapto, Rabu (29/3/2017). Sebab, setiap kali hujan deras turun, genangan air acap kali terjadi di tempat tersebut. Tak pelak kondisi itu sangat mengganggu kenyamanan para pengguna jalan yang melintasi kawasan tersebut.

Genangan air ini terjadi setelah hujan deras mengguyur siang hari. Kadis PU Medan, Khairul Syahnan menurunkan puluhan petugas Unit Pelayanan Teknis (UPT) Wilayah II beserta mobil penyedot lumpur (siwer combain), serta 1 unit excavator mini. Setelah diperiksa, pemicu terjadinya genangan air lantaran lubang air pada trotoar (street inlet) tersumbat. “Penyumbatan itu menyebabkan air hujan tidak dapat mengalir ke dalam parit, sehingga air menggenangi badan jalan. Selain dilakukan penyedotan, kita juga membersihkan street intelt yang tersumbat. Dengan demikian apabila hujan deras kembali turun, air dapat mengalir ke dalam parit,” kata Syahnan.

Guna memudahkan proses pengeringan genangan air, titik yang digenangi air lebih dahulu dipasang plang pemberitahuan tentang adanya perbaikan. Hal itu dilakukan agar kenderaan bermotor yang melintas tidak kencang maupun terlalu ke pinggir, sehingga proses pengeringan genangan air tidak terganggu.

Selain menjolok lubang street inlet yang tersumbang dengan menggunakan kayu, petugas juga menggunakan excavator mini untuk membersihkan sendimentasi yang menutupi street inlet di pinggiran jalan. Setelah ini dilakukan, perlahan-lahan genangan air yang ada pun mengering karena air hujan dapat mengalir menuju parit melalui lubang street inlet.

Proses pengeringan genangan air ini pun berjalan dengan lancar. Setelah genangan air kering, arus lalu lintas  pun kembali normal. Setelah selesai melakukan pengeringan, Syahnan pun berharap agar pihak kecamatan rutin melakukan pengawasan maupun pengecekan untuk memastikan lubang street inlet tidak tersumbat. “Apabila lubang street inlet tersumbat dan tidak bisa diatasi, kita minta pihak kecamatan segera melaporkannya kepada Dinas PU. Kita langsung turunkan petugas untuk mengatasinya,’ jelas Syahnan.

Selanjutnya menyikapi cuaca ekstrim yang disertai hujan ini, Syahnan mengatakan seluruh jajarannya siaga penuh. Untuk itu jika terjadi banjir maupun genangan air, dia minta segera dilaporkan. “Dinas PU langsung turun ke lokasi. Kita akan bekerja keras dan berusaha sekuat tenaga untuk mengatasinya. Kita ingin memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan keinginan Bapak Walikota, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si,” ungkapnya.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan