CEMILAN SEHAT UNTUK SIKECIL

dibaca 81 pembaca

Cemilan yang sehat dan bernutrisi seharusnya menjadi bagian dari pola makan anak. Mengemil sebaiknya dilihat sebagai kesempatan untuk mengisi kesenjangan kebutuhan kalori dan nutrisi antar jam makan anak.

Kapan Sebaiknya Snacking :
snacking atau waktu mengemil seharusnya dimasukkan sebagai bagian dari pola makan sehat keluarga Anda. Waktu yang terbaik untuk mengemil adalah 2-4 jam setelah makan besar dan paling tidak 2 jam sebelum makan besar berikutnya. Hal ini dikondisikan untuk mencegah rusaknya nafsu makan anak. Biasanya hal ini berarti di jam istirahat pagi (9-10 pagi) dan istirahat sore (3-4 sore)

Jam makan yang teratur termasuk waktu untuk snacking, akan sangat bermanfaat bagi anak karena dengan demikian anak akan belajar untuk mendengarkan signal internal tentang rasa lapar, haus dan kenyang. Dengan begini, mereka tahu bahwa jika mereka masih kenyang atau tidak makan di saat jam makan, mereka masih bisa menunggu jam makan berikutnya yang tidak terlalu jauh dan tidak terlalu besar porsinya. Proses belajar ini akan mencegah mereka untuk memaksa ngemil sepanjang waktu.

Makanan yang Baik untuk Dijadikan Cemilan :
• Hidrasi atau cairan sangat penting untuk dimasukkan ke setiap saat snacking. Hidrasi yang cukup akan mencegah anak untuk makan berlebih, menyegarkan dan meningkatkan fokus anak
• Pilih makanan yang padat nutrisi, termasuk di dalamnya adalah makanan wholegrain (berbiji-bijian), buah, sayuran, kacang-kacangan, polong-polongan, daging rendah lemak dan produk susu rendah lemak
• Hindari makanan yang kosong nutrisi namun tinggi kalori, seperti kerupuk, kue, manisan, sirup. Biasanya makanan-makanan tersebut tinggi lemak, gula tambahan dan garam berlebih.

Contoh makanan yang bisa kita siapkan :
• ½ porsi roti tangkap dengan isi telur/ daging rendah lemak/ keju + sayuran
• Buah segar potong
• 1 roti panggang dengan atasan buah potong, selai kacang atau keju
Mulailah dari rumah bahwa sebagai orang tua, kitalah contoh yang paling baik untuk memulai kebiasaan ini. Ajaklah buah hati untuk makan secara teratur dan libatkan mereka dalam menyiapkan snack yang mereka sukai.

Contoh :
• Siapkan cemilan dalam kantong/ box individual.
• Gunakan box kecil untuk saus sebagai tempat 1 porsi untuk buah-buahan kering, kacang-kacangan ataupun mixtrail
• Gunakan kantong plastik kecil untuk menyimpan potongan buah dan bekukan di lemari es. Potongan buah ini bisa langsung dimakan ataupun dijadikan sebagai bahan fruit smoothie
• Ajak anak berbelanja buah dan sayur kesukaan mereka. Biarkan anak memilih sendiri buah dan sayurnya
• Anak yang lebih besar bisa membantu membuat popcorn di microwave, atau memblender fruit smoothie