MANFAAT BUAH NANAS

dibaca 278 pembaca

Nanas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Di Indonesia, provinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana (Wikipedia.com). Buah nanas sangat mudah ditemukan dipasaran, bahkan tersedia sepanjang tahun. Buah nanas banyak disukai orang karena memiliki rasa lezat, memiliki kandungan air yang banyak dan mengandung banyak vitamin sehingga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat dijadikan jus. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah nanas.

1.    Menurunkan Berat Badan
Buah nanas dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama karena buah ini kaya akan kandungan air dan serat. Nanas memiliki 60% kandungan kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan buah-buahan lain dan dapat mengatasi perut kembung.

2.    Manfaat Bromelain
Nanas mengandung enzim bromelain yang bermanfaat mencegah penyakit batuk dan flu. Bromelain mampu menguraikan fibrin yang dapat menyebabkan penggumpalan darah. Fibrin adalah sejenis protein berupa serat-serat benang yang tidak larut dalam plasma pada proses penggumpalan atau pembekuan darah (Wikipedia). Bromelain dapat membantu meningkatkan kualitas pernapasan dengan menipiskan lapisan lendir yang ada di area pernapasan. Bromelain juga bermanfaat menangani masalah inflamasi seperti jerawat, eksema, psoriasis, dermatisi, dan rosacea.

3.    Menjaga Kesehatan Mata
Nanas mengandung beta karoten dan vitamin A yang baik untuk pengelihatan. Mengkonsumsi jus buah nanas dapat mencegah degenerasi makular dan mengurangi risiko kehilangan pengelithatan di usia tua. Degenerasi makular adalah kondisi medis kronik yang tidak dapat diperbaiki, yang menyebabkan hilangnya penglihatan sentral karena kerusakan macula, atau bagian tengah retina (www.snec.com.sg).

4.    Menguatkan Gusi
Buah nanas memiliki zat astringent yang dapat membuat gusi menjadi lebih kuat dan mencegah gigi  tanggal. Zat ini juga dapat membantu mengencangkan jaringan kulit, mencegah kerontokan rambut, kulit kendur, dan otot melemah.

5.    Jus buah nanas dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena memiliki kandungan potassium yang memadai dan memiliki sedikit kandungan sodium. Perbandingan antara jumlah potassium dan sodium ini merupakan cara yang manjur untuk melawat tekanan darah tinggi. Satu gelas jus nanas mengandung sekitar 1 miligram sodium dan 195 miligram potassium. Jadi, bagi penderita tekanan darah tinggi dianjurkan untuk mengkonsimsi jus nanas secara teratur.