DPRD Tanjung Jabung Barat Belajar E-Planning Ke Pemko Medan

dibaca 144 pembaca

DPRD Tanjung Jabung Barat Belajar E-Planning Ke Pemko Medan

DPRD Tanjung Jabung Barat berkunjung ke kantor Walikota Medan, Jumat (3/3/2017). Legislator dari sebuah kabupaten pemekaran di Jambi ini bermaksud untuk mempelajari tentang e-Planning dan e-Budgeting yang tengah diterapkan Pemko Medan. Rombongan legislator Tanjung Jabung Barat ini diterima oleh Walikota Medan diwakili oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Ir. Qamarul Fattah M.Si yang didampingi oleh Plt Kadis Kominfo Medan, Dra. Sri Maharani M.Pd, Kabag Hukum Setdakot Medan Sulaiman SH, juga staf Bapedda.
 
Dalam kesempatan itu, Asisten Ekonomi Pembangunan, Qamarul Fattah memberi ekspose soal Kota Medan baik dari sisi demografi, sosial, budaya, politik, maupun pemerintahan. Selanjutnya, didampingi staf Bappeda, Qamarul menjelaskan tentang e-Planing yang tengah dijalankan Pemko Medan. 
 
Diterangkan kepada para tamu, dalam perencanaan pembangunan, Pemko Medan menjaring aspirasi warga dari tingkat yang paling kecil, yakni lingkungan. Ditingkat lingkungan ini dilakukan proses Rembuk Warga. Hasil dari Rembuk Warga yang juga dibuat dalam berita acara ini dapat diakses oleh warga melalui aplikasi e-planning. Selanjutnya, dari Rembuk Warga berlanjut kepada Musrenbang Kelurahan, Kecamatan dan sampai tingkat Kota. Ini semua berlangsung secara terbuka dengan memanfaatkan teknologi komunikasi. 
 
Mendapat penjelasan tersebut, anggota DPRD Tanjung Jabung Barat terlihat cukup puas. Mereka berencana akan mempelajari lebih jauh tentang e-planing ini dan menerapkannya di daerah mereka. Pertemuan itu berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan diakhiri dengan pemberian cendera mata oleh Pemko Medan kepada rombongan DPRD Tanjung Jabung Barat.
 
Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan