Kunjungi Maharani Galeri, Perdasama Perak Malaysia Jalin Kerjasama

dibaca 156 pembaca

Kunjungi Maharani Galeri, Perdasama Perak Malaysia Jalin Kerjasama

Persatuan Pedagang dan Pengusaha Melayu Malaysia (Perdasama) Perak Malaysia mengunjungi Maharani Galeri di Jalan Rotan, Senin (27/2/2017). Selain melihat koleksi Batik hasil Desain Ketua Dekranasda Kota Mesan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin yang dikenal dengan Batik Medan dan Songket Deli, kunjungan ini juga untuk menjalin kerjasama di bidang perdagangan dan kerajinan khususnya seni batik untuk meningkatkan kualitas batik dari masing - masing negara.

Rombongan Perdasama Perak Malaysia berjumlah 40 orang ini diKetua Hj. Suhaida Hashim yang hadir bersama pengurus Asosiasi Pengusaha Perempuan Indonesia Sumut (Appinsu) Dewi Budiarti Teruna Jasa Said dan Dr. Getta diterima langsung Ketua Dekranasda Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin.

Ketua rombongan Perdasama Perak Hj. Suhaida Hashim menjelaskan pihaknya telah berada di Medan beberapa hari ini dan kunjungan ke Maharani Galeri ini khusus melihat koleksi songket deli dan batik Medan hasil rancangan Ketua Dekranasda Kota Medan guna dapat dipelajari untuk batik yang dihasilkan di Perak Malaysia. "di Perak, juga ada pengrajin batik. Untuk itu kedepannya kita dapat bekerja sama dengan Dekranasda Kota Medan baik itu cara pembuatannya dan bertukar pengrajin batik. Artinya kerjasama ini bertujuan meningkatkan kualitas dan mempromosikan batik yang dihasilkan dari masing - masing", kata Suhaida.

Setelah melihat - lihat hasil koleksi batik dan songket deli di Maharani Galeri, Suhaida menilai Batik Medan bagus dan motifnya juga cantik, sebab diambil dari herritage yang ada di Kota Medan. Tentunya motif batik Medan memiliki nilai sejarah. "Saya menilai batik Medan bahannya halus dan motifnya cantik. Tentunya banyak hal yang dapat kami pelajari dari Batik Medan ini. Untuk itu kerjasama ini harus dapat terjalin untuk meningkatkan perekonomian khususnya pelaku usaha pengrajin batik", jelasnya.

Ketua Dekranasda Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin mengungkapkan senang dan bangga atas kunjungan Perdasama Perak Malaysia ini. Tentunya kunjungan ini berdampak positif bagi Batik Medan dan Songket Deli agar semakin terkenal tidak hanya di Medan tetapi diluar negeri. Rita Maharani juga menceritakan singkat awal mulanya Batik Medan dan Songket Deli serta berdirinya Maharani Galeri. Sebagai Ketua Dekranasda Kota Medan dirinya merasa perlu ada yang harus dikembangkan untuk menjadi icon Medan. Untuk itu, dengan mendesain sendiri, lahir Batik Medan yang memiliki ciri unik tersendiri dengan mengangkat motif heritage yang ada di Kota Medan. "Saya berharap ini bukan kunjungan pertama Perdasama Perak Malaysia, akan tetapi akan ada kunjungan berikutnya. Selain itu pengurus Perdasama dapat mempromosikan Batik Medan dan Songket Deli di Perak, Malaysia", Kata Rita Maharani.

Selanjutnya Rita Maharani juga mengungkapkan kunjungan ini dapat menjalin kerjasama dengan Perdasama Perak Malaysia khususnya di Bidang Kerajinan Batik, untuk meningkatkan mutu dan kualitas Batik. "Setelah ini Dekranasda Kota Medan akan melakukan kunjungan balasan ke Perak Malaysia untuk dapat melihat langsung pengrajin batik sekaligus membawa dan memperkenalkan Batik Medan", ungkap Rita.

Selain diperkenalkan dengan Batik Medan dan Songket Deli, Rombongan Perdasama juga di suguhi dengan minuman dan makanan seperti aneka Kue dan Jus hasil binaan Dekranasda Kota Medan. Kemudian Mereka juga membeli berbagai Batik Medan yang ada di Maharani Galeri.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan