Wakil Wali Kota Buka Musda Pujakesuma Medan

dibaca 309 pembaca

Wakil Wali Kota Buka Musda Pujakesuma Medan

Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi mengharapkan Musyawarah Daerah (Musda) DPD Pujakesuma Medan semakin mempererat persatuan antara kader sehingga dapat lebih berperan sebagai salah satu penyokong "Medan Rumah Kita". Harapan ini disampaikan Akhyar saat membuka Musda ke-4 Pujakesuma Kota Medan, Minggu (26/2) di aula Avros Guest House.

“Sudah tidak zamannya lagi Musda itu berpotensi memecah. Saatnya musyawarah itu kian mengeratkan persatuan dan kebersamaan demi kemajuan organisasi,” ucap Akhyar. Di hadapan Ketua Harian DPP Pujakesuma, Prof Sulis Setyowati, Ketua Pujakesuma Sumut Drs Sugiatno, Ketua Pujakesuma Medan Drs Hartono Ewadi SE SH dan ratusan kader Pujakesuma Medan,Wakil Wali Kota juga mengajak Pujakesuma untuk berpartisipasi dalampembangunan.

Dikatakannya, Pemko Medan sangat terbuka bagi seluruh komponen masyarakat untuk urun rembug dan memberikan saran meraih cita-cita agar Medan dapat dinikmati oleh seluruh warga dengan aman dan nyaman. “Pemko Medan tidak bisa bekerja sendiri. Butuh kerja sama dari seluruh warga dan komponen masyarakat agar pembangunan bisa berjalan dengan baik,” sebutnya yang saat menyampaikan sambutannya sesekali menggunakan bahasa Jawa hingga membuat suasana menjadi komunikatif.  

Sebenarnya, lanjut Akhyar,berperan dalam pembangunan bisa dilakukan setiap warga dengan mudah. Salah satu contoh adalah menjaga kebersihan. “Membuang sampah pada tempat yang disediakan juga merupakan peran penting dalam pembangunan. Jika warga tetap membuang sampah sembarang, sebanyak apa pun petugas kebersihan, Medan akan tetap jorok,”ucapnya.

Akhyar juga mengharapkan di masa mendatang kerja sama yang telah terjalin cukup erat antara Pemko Medan dengan Pujakesuma semakin intensif. Selama ini, nilai Akhyar, Pujakesuma telah terbukti aktif berperan dalam pemerintahan, baik secara institusi maupun secara individual.

Sebelumnya Ketua Pujakesuma Medan, Hartono Erawadi SE SH mengungkapkan kebahagiaan atas kesediaan Wakil Wali Kota Medan membuka Musda ini. Dia mengharapkan, dengan kehadiran ini,hubungan antara Pujakesuma dengan Pemko Medan kian erat dan memberikan pengaruh baik bagi pembangunan di Medan.

Dalam kesempatan itu, Hartono menyatakan kesiapan Pujakesuma Medan untuk terlibat dalam pembangunan di Medan.“Pujakesuma menganggap Medan ini sebagai Rumah Kita. Jika kita tidak terlibat atau dilibatkan dalam pembanguan kota ini, itu berarti kita bukan pemilik rumah, melainkan hanya menyewa,” ucap Hartono.

Pada bagian lain Hartono mengajakseluruh anggota Pujakesuma Medan tetap menjadikan ajaran luhur nenek moyang sebagai pedoman dalam menghadapi berbagai kondisi zaman. Salah satunya adalah prinsip persatuan, kebersamaan, dan saling jaga antara sesama. Prinsip ini harus tetap dipegang, sehingga etnis Jawa di mana pun berada tetap dapat memberi kebaikan bagi kehidupan bersama.

Berkaitan dengan Musda, Hartono menyebutkan, Musda ini harus berjalan secara demokratis dan menghasilkan kepengurusan yang kokoh.“Musda adalah sebuah keputusan tertinggi dalam sebuah organisasi. Harus berjalan konstitusional, sesuai dengan anggaran dasar dan rumah tangga.

Maka siapa punyang terpilih akan menjadi pemimpin yang sah menurut konstitusi,” ungkapnya seraya mengatakan, jika memang anggota menginginkan dirinya kembali sebagai pemimpin, Hartono akan membawa Pujakesuma sebagai paguyuban yang besar dan disegani serta mandiri.                 


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan