Walikota Medan Dukung Kembali Digelarnya TMMD

dibaca 227 pembaca

Walikota Medan Dukung Kembali Digelarnya TMMD

Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima kunjungan Letkol Inf L. Panggabean dari Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Pusterad) di rumah Dinas Walikota Jalan Sudirman Medan, Selasa (14/2). Selain silaturahmi, kunjungan ini dilakukan terkait rencana menggelar TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Belawan yang akan dilaksanakan pada Agustus 2017.

Didampingi Pasinter Kodim 0201/BS, Mayor Inf Budi Oktavian, Kapten Dooren dari Pusterad dan Danramil 09/Belawan, Kapten Hari Susilo, L. Panggabean minta dukungan penuh Walikota demi sukses dan lancarnya pelaksanaan TMMD tersebut. Sebab, tujuan TMMD ini digelar untuk membangun desa sekaligus memotivasi masyarakat untuk membangun desa.

Dalam pertemuan dengan Walikota, L Panggabean mengaku miris. Sebab, berdasarkan hasil pertemuannya dengan salah seorang tokoh masyarakat di Belawan diungkapkan bahwasannya TMMD (dulu AMD) terakhir kali dilaksanakan tahun 1995. Artinya, sejak 1995 sampai Februari 2017 ini belum pernah lagi dilaksanakan TMMD.

Oleh karenanya L. Panggabean berharap pelaksanaan TMMD yang akan digelar nanti menjadi momentum untuk digelarnya TMMD secara rutin setiap tahunnya. Untuk mendapat dukungan penuh masyarakat, rencananya TMMD akan dikemas dengan pendekatan kebudayaan setempat maupun olahraga. “Kita ingin menarik animo masyarakat untuk membantu dan mendukung TMMD,” kata Panggabean.

Selanjutnya Panggabean minta dukungan Walikota agar TMMD di wilayah Kota Medan dapat dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Sebab, TMMD merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Sebelum mengunjungi Walikota, Panggabean mengaku telah melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat terkait dengan TMMD maupun kondisi keamanan. Selain Kota Medan, langkah serupa juga dilakukan di seluruh Indonesia. “Hasil kunjungan yang dilakukan akan dibuat laporan dan disampaikan langsung kepada Kasad,” jelasnya.

Selain terkait dengan rencana pelaksanaan TMMD, Panggabean juga minta masukan dari Walikota terkait dengan sinergitas yang dilakukan Pemko Medan dan Kodim 0201/BS selama ini dalam rangka pembinaan teritorial.

Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Asisten Pemerintahan Setdakot Medan, Musadat Nasution, Kadis kesehatan Usma Polita serta Kabag Tapem, Zein Noval menyatakan dukungannya terhadap digelarnya kembali TTMD. Apalagi Belawan dipilih menjadi lokasi TTMD yang akan dilaksanakan Agustus mendatang.

Eldin berharap, pelaksanaan TMMD tidak hanya fokus pembangunan fisik tetapi juga non fisik sehingga masyarakat di sana (Belawan) dapat pencerahan, mengingat Belawan merupakan pintu gerbang masuk Kota Medan. Untuk itu Eldin menyatakan Pemko Medan siap mendukung pelaksanaan TMMD sehingga berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan.

Kemudian Eldin mengungkapkan, sinergitas yang dilakukan dengan Kodim 0201/BS selama ini sudah cukup baik. Bahkan baru-baru ini, bersama Kodim 0201/BS dan Polrestabes Medan, Pemko Medan akan membentuk Kampung Bebas Narkoba yang dimulai dari lingkungan, kelurahan sampai kecamatan.

“Insya Allah langkah yang kita lakukan ini dapat dukungan penuh dari masyarakat. Melalui pembentukan Kampung Bebas Narkoba ini, kita ingin masyarakat ikut mendukung pemberantasan narkoba dari lingkungan tempat tinggalnya masing-masing,” kata Walikota.

Selain itu tambahnya lagi, Pemko Medan sangat terbantu dengan diturunkannya petugas Babinsa maupun Babinkantimbas dalam mendukung keamanan. Melalui petugas Babinsa dan Babinkantimbmas itu, Eldin mengaku dengan cepat mendapat informasi apa saja yang terjadi di tengah masyarakat.

“Tidak hanya menerima informasi, petugas Babinsa dan Babinkantibmas itu ikut meredam apabila terjadi suatu masalah di tengah masyarakat sehingga tidak sempat meluas. Sebagai ungkapan terima kasih, kita rencana akan memberikan honor dan sepeda motor dinas untuk mendukung kelancaran tugas mereka,” jelas Eldin.

Sumber Berita : Dinas Kominfo Kota Medan