Sekda Kota Medan Pimpin Rapat Sosialisasi Kebijakan Subsidi Listrik Tepat Sasaran

dibaca 138 pembaca

Sekda Kota Medan Pimpin Rapat Sosialisasi Kebijakan Subsidi Listrik Tepat Sasaran

Sekda Kota Medan Ir. Syaiful Bahri memimpin rapat sosialisasi kebijakan subsidi listrik tepat sasaran, di Kantor Walikota Medan, Selasa (14/2/2017). Sosialisasi ini guna memberikan pemahaman bagi masyarakat terkait penggunaan listrik bersubsidi yang tepat sasaran. Hadir dalam sosialisasi ini Asisten Manager Perencanaan PT PLN (persero) Area Medan Ramses Hutajuluh, Asisten Manager Administrasi dan Pelayanan PT PLN (persero) Area Medan Zainuddin, Camat dan Lurah Sekota Medan.

Sekda Kota Medan dalam sambutannya mengatakan saat ini kebutuhan akan energi listri semakin berkembang dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kebutuhan pokok hidup masyarakat sehari-hari. Ketersediaan listrik yang memadai diharapkan dapat menunjang kelancaran dan produktivitas aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat. Dari data yang ada, lanjut Sekda, jumlah konsumsi listrik terus mengalami peningkatan pada kisaran 10%-15% pertahun secara nasional. Hal ini tentunya berdampak pada kenaikan biaya pengelolaan listrik guna memastikan seluruh lapisan masyarakat dapat memproleh pelayanan listrik yang baik dan berkesinambungan. Namun demikian, Pemerintah menyadari tarif listrik yang ada jangan sampai membebani masyarakat khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu. "Pemerintah saat ini mempunyai kebijakan untuk memberikan subsidi tarif listik kepada masyarakat yang benar-benar tidak mampu, sehingga alokasi subsidi tepat sasaran. Hal ini yang harus dipahami masyarakat bahwa tidak semua lapisan ataupun golongan rumah tangga dapat diberikan subsidi listrik, hanya yang benar-benar tidak mampu yang memperolehnya," kata Sekda.

Oleh karena itulah, melalui pertemuan ini Sekda berharap kepada Camat dan Lurah untuk dapat mensosialisasikan program subsidi listrik tepat sasaran ini kepada masyarakat sehingga program ini dapat berjalan lancar."Sosialisasikan program ini kepada masyarakat di wilayah kerja saudara masing-masing dan berikan dukungan dalam hal pendataan dan verifikasi rumah tangga bila diperlukan," lanjutnya.

Sebelumnya Asisten Manager Perencanaan PT PLN (persero) Area Medan Ramses Hutajuluh, menjelaskan program subsidi listrik tepat sasaran sudah diberlakukan mulai januari 2017, untuk itu PT. PLN area Medan perlu bekerjasama dengan Pemerintah Daerah guna mensosialisasikan program ini kepada masyarakat. "Kami mohon dukungan, agar program ini dapat terlaksana dengan baik," kata Ramses.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan