Senam Jantung Sehat Kian Diminati Warga

dibaca 162 pembaca

Senam Jantung Sehat Kian Diminati Warga

Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Pemerintahan Setdakot Medan, Musadad Nasution mengikuti senam jantung sehat di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (12/2). Seribuan warga didominasi yang telah berusia paro baya ini dengan penuh antusias mengikuti seluruh gerakan yang diperagakan sejumlah instruktur karena sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan jantung.

Senam jantung sehat ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemko Medan setiap Minggu pagi, dimana penggagasnya yakni Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin. Apalagi Hj Rita merupakan salah seorang pengurus di Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Sumatera Utara. Oleh karenanya melalui senam ini, Hj Rita berharap dapat membantu warga Kota Medan terhindari dari penyakit jantung.

Selain masyarakat, senam jantung juga diikuti sejumlah pimpinan SKPD, camat, lurah serta pengurus TP PKK Kota Medan. Mereka berbaur bersama masyarakat mengikuti senam jantung yang dimulai sekitar pukul 06.30 WIB. Durasi senam jantung pun tidak lama, tak sampai satu jam. Senam diawali dengan pemanasan, tahap conditioning dan diakhiri dengan pendinginan.

Musadad mengatakan, senam jantung ini sangat penting karena gerakannya dibuat khusus agar jantung dapat mengambil oksigen sebanyak-banyaknya sehingga kadar oksigen dalam tubuh terpenuhi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, senam jantung ini harus dilakukan rutin dengan durasi maksimal 30 tahun sehingga manfaatnya dapat dirasakan.

“Senam jantung sangat besar manfaatnya bagi kesehatan. Selain menyehatkan jantung, senam ini juga akan menghilangkan trigliserida dari aliran darah yang merupakan penyebab kegemukan tubuh. Jadi seperti ajakan yang selalu disampaikan Bapak Walikota, marilah kita rutin mengikuti senam jantung di Lapangan Merdeka setiap Minggu pagi,” kata Musadad.

Di tengah pelaksaan senam jantung berlangsung, hujan gerimis pun mengguyur. Sebagian peserta bertahan di lapangan, sedangkan sebagian lagi berlari menuju pendopo dan tetap melanjutkan senam jantung hingga selesai. Tak lama selesai senam, hujan pun mulai deras sehingga seluruh peserta senam meninggalkan Lapangan Merdeka.

Sumber Berita : Dinas Kominfo Kota Medan