Wali Kota Resmikan Penabalan Nama Jalan Plaju Jadi Jalan Wushu

dibaca 207 pembaca

Wali Kota Resmikan Penabalan Nama Jalan Plaju Jadi Jalan Wushu

Di tengah guyuran hujan gerimis di hari pertama Tahun Baru Imlek, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi meresmikan penabalan nama Jalan  Plaju di Kelurahan Sei Rengas I, Kecamatan Medan Kota menjadi Jalan Wushu, Sabtu (28/1). Penabalan nama ini dilakukan karena di jalan tersebut terdapat padepokan wushu yang telah melahirkan pewushu-pewushu berprestasi sehingga mengharumkan nama Kota Medan di tingkat nasional maupun internasional.

Penabalan jalan ini dilakukan menindaklanjuti usulan surat Pengurus Komunitas Pemerhati Prestasi Olahraga Kota Medan tanggal 1 September 2015 perihal Penabalan Jalan Wushu. Setelah melalui proses yang panjang serta melalui tanggapan dan persetujuan dari berbagai pihak, khususnya DPRD Medan sesuai Surat No.640/11903 tanggal 28 November 2016 yang intinya tidak keberatan dengan perubahan nama Jalan Plaju menjadi Jalan Wushu.

Berdasarkan pertimbangan itulah Wali Kota Medan  selanjutnya menetapkan Surat Keputusan Wali kota Medan No. 620/009/K/20127 tentang Perubahan dan Penabalan Nama-Nama Jalan Di Kota Medan tanggal 11 Januari 2017, sehingga Jalan Plaju akhirnya ditetapkan berubah dan ditabalkan menjadi Jalan Wushu.

Dengan penabalan ini, Wali Kota pun  berharap masyarakat yang mendengar Jalan Wushu maupun melintasinya, dapat terinspirasi  untuk melahirkan ataupun menghasilkan berbagai karya besar dalam pembangunan di berbagai bidang. Artinya, Eldin ingin semua termotivasi untuk terus bekerja secara lebih kreatif dan inovatif, sehingga bisa mewujudkan hal-hal besar dalam pembangunan kota sebagaimana prestasi besar yang telah dilahirklan dari cabang olahraga wushu ini. 

“Saya berharap melalui penabalan Jalan Wushu ini, kita semua memiliki spirit dan semangat baru untuk terus membangun Kota Medan dengan karya-karya lebih besar  lagi serta dikagumi oleh dunia internasional seperti  yang telah diukir olahraga wushu selama ini. Dengan demikian ini akan memotivasi kita semua untuk terus mempertahankan dan meningkatkan capaian pretasi wushu yang lebih baik lagi sepanjang masa,” kata Wali Kota.

Di kesempatan itu Wali Kota tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Master Supandi Kusuma selaku Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia beserta seluruh keluarga besar wushu, yang terus melakukan pembinaan secara berkelanjutan. Dengan pembinaan yang dilakukan, Eldin optimis  para pewushu dapat terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi mereka di masa mendatang.

Prosesi penabalan ini turut dihadiri Gubsu, Ir H T Erry  Nuradi MSi, Wakapoldasu, Brigjen Pol Adhi Prawoto, Kol Wawik mewakili Pangdam I/BB, Konsul Tiongkok, Zu Hong hai, Konsul Amerika Serikat, Juha P Salin, mantan Kapoldasu Irjen Pol (Purn) Wisjnu Amat sastro, mantan Wali Kota Medan, Drs H Abddilah AK MBA, Ketua KONI Sumut, Jhon Lubis, Ketua PWI Sumut, H Herman tokoh masyarakat, tokoh agama, pimpinan organisasi serta undangan lainnya.

Penabalan nama jalan ini ditandai dengan penarikan kain selubung yang dilakukan Wali Kota bersama Gubsu dan Ketua Umum Wushu disertai pelepasan ratusan balon bewarna merah dan putih. Setelah itu dilanjutkan dengan makan bersama seluruh keluarga besar wushu sekaligus open house  Tahun Baru Imlek yang diselenggarakan Yayasan Kusuma Wushu Indonesia.

Sementara itu Gubsu, Ir H T Erry Nuradi MSi dalam sambutannya, penabalan nama jalan ini merupakan kebanggaan, terutama bagi insan olahraga  wushu di Sumatera Utara. Sebab, wushu selama ini telah memberikan prestasi yang sangat membanggakan. Untuk di PON XIX  Bandung 2016, Erry mengatakan wushu telah menyumbangkan 9 medali emas untuk kontingen Sumut. Di samping itu tambahnya lagi, para pewushu juga telah mengharumkan nama Kota Medan dan Sumut di tingkat nasional maupun internasional.

“Semoga penabalan nama jalan yang dilakukan tepat di hari pertama Tahun Baru Imlek yang merupakan Tahun Ayam Api ini, diharapkan dapat membawa kesejahteraan bagi kita semua, terutama olahraga wushu sehingga dapat mengukit prestasi yang lebih membanggakan lagi,” harap Gubsu.

Sebelumnya, Ketua PB Wushu Indonesia, Master Supandi Kusuma mengucapkan terima aksih atas dibalkannya nama Jalan Plaju menjadi Jalan Wushu. Meski sempat tertunda beberapa tahun, akhirnya keinginan itu pun terwujud. “Walaupun penabalan nama jalan ini sempat tertunda namun  kami  tetap penuh semangat dan terus mengukir prestasi,” ujar Supandi.

Dengan peresmian penabalan jalan yang dilakukan ini, Supandi pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota dan DPRD Medan atas persetujuannya. Dikatakannya, peresmian ini tentunya semakin memotivasi seluruh keluarga besar wushu untuk terus melahirkan pewushu-pewushu tangguh yang akan mengukir prestasi lebih baik lagi.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan