Ketua TP PKK Kota Medan gotong royong bersama masyarakat Medan Marelan

dibaca 106 pembaca

Ketua TP PKK Kota Medan gotong royong bersama masyarakat Medan Marelan

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Medan Hj.Rita Maharani Dzulmi Eldin bersama dengan pengurus PKK Kota Medan lainnya begotong royong berama dengan masyarakat Medan Marelan, Sabtu (21/1) pagi. Gotong royong kali ini dipusatkan di jalan datuk rubia/ Jl. Speksi.

Gotong royong ini tidak hanya melibatkan masyarakat saja, tetapi juga melibatkan seluruh aparatur Kelurahan dan Kecamatan Medan Marelan serta dibantu dari unsur TNI.

Dalam gotong royong tersebut, Rita Maharani bersama masyarakat dan pengurus PKK Kota Medan lainnya fokus membersihkan parit-parit yang ada di depan rumah masyarakat. Tampak parit-parit tersebut ditimbuni sampah dan bulma sehingga menghambat air yang mengalir di parit. Dengan menggunakan peralatan sederhana, rita pun langsung membersihkan parit tersebut secara perlahan, hal ini sontak membuat pengurus PKK, masyarakat dan aparatur Kelurahan dan Kecamatan serta TNI ikut langsung bekerja membersihkan parit-parit tersebut. 

Usai sampah- sampah tersebut diangkat dari parit, tidak berapa lama hasilnya pun mulai terlihat, perlahan air mulai mengalir kembali dengan lancar.
Sementara itu sampah hasil korekan diangkut dengan menggunakan mobil pick up untuk selanjutnya dibuang ketempat penampungan sampah.

Setelah parit terlihat bersih dan aliran airnya pun sudah mengalir, kemudian Rita bersama dengan masyarakat membuat lubang bio pori di halaman sekitar rumah warga, tujuannya ialah untuk meningkatkan daya resapan air serta mencegah terjadinya banjir. Selain itu, lubang bio pori yang dibuat ini dapat digunakan untuk mengubah sampah organik menjadi kompos.

Usai melakukan gotong royong tersebut, Rita mengharapkan agar masyarakat semakin peduli menjaga kebersihan lingkungannya dengan cara rutin menggelar gotong royong dan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

"Saya berharap masyarakat semakin peduli dan mau menjaga lingkungan yang telah dibersihkan ini, apabila lingkungan kita bersih, maka kesehatan kitapun terjaga,"harap Rita Maharani.

Disamping itu Rita juga mengatakan kegiatan gotong royong ini akan terus rutin digelar oleh TP PKK Kota Medan setiap minggunya, tujuannya ialah untuk mendukung program Pemko Medan dalam mewujudkan "Medan Rumah Kita" yang nyaman, bersih dan asri.

Sebelum mengakhiri kegiatan gotong royong ini, Rita menyempatkan diri menanam bibit pohon durian secara simbolis. Diharapkan bibit pohon yang ditanam ini dapat tumbuh subur sehingga menambah penghijaun lingkungan dan buahnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Mudah-mudahan bibit pohon yang kita tanam ini tumbuh subur, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,"ungkap Rita Maharani.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan