Pemko Medan Sosialisasikan E Planing Kepada Seluruh Lurah

dibaca 1372 pembaca

Pemko Medan Sosialisasikan E Planing Kepada Seluruh Lurah

Pemko Medan menyosialisasikan aplikasi e-planing (perencanaan pembangunan) kepada seluruh lurah, Selasa (10/1/2017) di kantor Walikota Medan. Turut hadir dalam sosialisasi ini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, Drs. Darussalam Pohan M.AP, serta tim IT yang dipercaya Pemko Medan untuk membangun aplikasi ini yang dikoordinir Yoshida Sari. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, Drs. Darussalam Pohan M.AP mengemukakan, sosialisasi ini sangat penting dipahami oleh lurah agar program perencanaan pembangunan secara elektronik yang berawal dari tingkat lingkungan hingga ke kota dapat berjalan dengan baik. "Aplikasi ini memang akan dijalankan oleh kepala lingkungan namun akan tetap di bawah pengawasan lurah. Untuk mengawasi tentu kita harua memahami apa yang kita awasi," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Darussalam mengungkapkan, aplikasi ini berbasis kepada aspirasi masyarakat untuk dijadikan rencana pembangunan kota. Untuk tingkat lingkungan disebut Rembuk Warga. "Dalam hal Rembuk Warga ini, kepala lingkungan bertanggung jawab dan lurah bisa bertindak sebagai fasilitator," ungkap Darussalam seraya menyebutkan, melalui Rembuk Warga ini aspirasi maupun program yang dibutuhkan dapat dibahas dan disepakati untuk dibahas ke Musrenbang Kelurahan, Kecamatan, bahkan Kota.

Sementara itu, Yoshida dalam paparannya menjelaskan, aplikasi berbasis jaringan internet ini merupakan salah satu perwujudan e planing yang diharapkan dapat terwujud dalam waktu dekat ini. Dia melanjutkan, melalui aplikasi ini, kepala lingkungan dapat memberikan laporan hasil Rembuk Warga secara online dan tentunya terdokumentasi dengan baik. Aplikasi ini juga menjadi wadah pendataan persoalan masyarakat  yang aktual dan valid serta program yang dibutuhkan.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan