Walikota Medan Sidak ke Disdukcapil, TRTB dan RSUD dr Pirngadi

dibaca 347 pembaca

Walikota Medan Sidak ke Disdukcapil, TRTB dan RSUD dr Pirngadi

Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi langsung sidak, Selasa (3/1) di hari pertama kerja tahun 2017 melakukan Sidak ke Tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menyangkut langsung dengan pelayanan yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) , Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) dan RSUD dr Pirngadi. Selain melihat tingkat kehadiran, sidak ini juga dilakukan untuk melihat kesiapan Apratur Sipil Negara (ASN) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pasca libur merayakan Tahun Baru 2017.

Di kantor Disdukcapil jalan Iskandar Muda, Kedatangan Walikota disambut langsung Kadisdukcapil, OK Zulfi. Selanjutnya Zulfie pun memperlihatkan proses pengurusan administrasi kependudukan, mulai KTP, KK, Akte Kelahiran maupun Akte Pernikahan. Kemudian Walikota menanyakan ketersediaan soal blangko KTP, Zulfi mengaku masih belum ada. Sebagai gantinya, masyarakat bisa mendapatkan surat keterangan pengganti KTP (resi) menunggu blangko KTP dikirim dari Kemendagri.

Kemudian Walikota naik ke lantai tiga, banyak warga yang mengantri di depan ruangan Seksi Mutasi Penduduk. Sejumlah warga tampak kecewa, salah satunya seorang pria paro baya yang mengaku rektor salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Medan. Meski sudah antri mulai pukul 07.00 WIB namun petugas tak kunjung memanggil namanya.

Makanya begitu melihat kedatangan Walikota, pria itu langsung menyampaikan keluhannya. “Lihat Pak Wali, sudah dari tadi kami antri disini namun nama kami tak dipanggil-panggil. Kami benar-benar kecewa dengan pelayanan yang diberikan. Seharusnya Seksi Mutasi Penduduk ini membuka dua tempat untuk melayani masyarakat. kalau Cuma satu seperti ini, petugas yang bersabngkutan tidak akan mampu, terbukti terjadi antrian kayak gini. Di samping itu harus dilengkapi dengan mikrofon, sehingga warga dapat mendengar apabila namanya dipanggil,” keluh pria tersebut.

Selain pria tersebut, seorang ibu rumah tangga juga tak kalah kecewanya. Dia sudah lama menunggu namun namanya maupun warga yang lain tak kunjung dipanggil. “Padahal dari tadi kami lihat para pegawainya sudah ada di ruangan, tapi mengapa nama kami tak kunjung dipanggil. Begitu melihat Pak Wali datang, barulah mereka mulai melakukan pemanggilan. Kami benar-benar kecewa,” ungkap ibu rumah tangga dengan mimik kecewa.

Semua keluhan itu direspon dengan baik oleh Walikota. Orang nomor satu di Pemko Medan itu langsung menegur Kadisdukcapil. “Saya tidak mau melihat antrian seperti ini lagi, segera perbaiki sistemnya sehingga masyarakat tidak antri lagi. Jangan kecewakan masyarakat, layani mereka dengan sebaik-baiknya!” tegasnya.
Usai Sidak ke Dinas Disdukcapil, Walikota menuju Dinas TRTB Kota Medan di Jalan AH Nasution. Seperti dalam sidak di RSUD Pirngadi dan Disdukcapil, Eldin kembali menegaskan kepada Kadis TRTB Sampurno Pohan beserta seluruh jajarannya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Layani masyarakat dengan baik. Jangan pernah dipersulit, sebab kita ini merupakan Abdi Negara yang bertugas melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Atas pelayanan yang diberikan itulah, maka negara memberi kita gaji dan insentif,” paparnya.

Ketika sidak, Walikota turut didampingi Asisten Umum Setdakot Medan, Ikhwan Habibi Daulay, Kepala BKD Kota Medan, Lahum serta Kabag Humasy Setdakot Medan, Budi Hariono. Sidak ini dilakukan Eldin usai memimpin apel pagi di halaman tengah Balai Kota Medan.

Sebelumnya Walikota melakukan Sidak ke RSUD Dr Pirngadi Medan. Kedatangan Walikota guna mengecek sejumlah ruangan untuk melihat sejauh mana kesiapan jajaran rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Kemudian Eldin mengajak berdialog sejumlah pasien, terutama yang tengah menunggu di ruang poliklinik. Selain itu Walikota juga memimpin Apel yang di RSUD dr Pirngadi Medan.

Sumber Berita : Dinas Kominfo Kota Medan