Karang Taruna Medan Harus Jadi Teladan di Sumut

dibaca 315 pembaca

Karang Taruna Medan Harus Jadi Teladan di Sumut

Karang Taruna telah terbukti mampu melahirkan generasi muda yang memiliki inovasi serta kreativitas tinggi. Selain itu, organisasi ini juga telah berhasil menjadi wadah pengembangan non partisan yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat, terutama dalam bidang kesejahteraan sosial.

“Karena itu, saya berharap Karang Taruna Kota Medan yang telah berhasil memilih ketua baru, yakni M Akhiruddin Nasution menggantikan Zultaufik Nasution dalam Temu Karya Kota ke VII ini, dapat melanjutkan bahkan meningkatkan kerja sama dengan Pemko Medan guna membantu program Pemko dalam bidang kesejahteraan sosial,” ucap Wali Kota Medan Drs HT Dzuimi Eldin S MSi diwakili Kadis Sosial dan Tenaga Kerja,  Armansyah saat memberi sambutan pada acara Temu Karya Kota VII Karang Taruna Medan, di Hotel Griya, Jumat (30/12).

Dalam perhelatan yang dihadiri Majelis Pertimbangan Karang Taruna Sumut, Majelis Petimbangan Karang Taruna Medan serta seluruh pengurus Karang Taruna kecamatan se-Kota Medan itu, Wali Kota menyebutkan, dalam pembangunan diperlukan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Dan Karang Taruna adalah salah satu potensi yang dapat diandalkan dalam mewujudkan percepatan pembangunan.

“Karena itu kita juga berharap, Karang Taruna Medan menggerakkan seluruh potensi yang dimiliki para pemuda yang untuk mendukung terwujud Medan Rumah Kita,” ungkapnya.
Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Medan terpilih, M Akhiruddin Nasution mengungkapkan optimismenya untuk lebih menjadikan Karang Taruna sebagai organisasi masyarakat yang berperan penting dalam pembangunan.
“Kita akan menjadikan Karang Taruna Medan sebagai yang terbaik dan menjadi contoh di Sumatera Utara,” ungkapnya.

Akhiruddin yang kerap disapa Ragil ini mengatakan untuk mencapai hal itu, akan dilakukan pemberdayaan Karang Taruna di Kecamatan. Menurutnya, Karang Taruna di kecamatan dan kelurahan adalah ujung tombak organisasi dalam melakukan pengabdian kesejateraan sosial. Karena itu, anggaran yang memang telah disiapkan Pemko Medan akan disalurkan juga kepada Karang Taruna Kecamatan untuk mendukung program yang akan dijalankan.

Dia juga menegaskan, Karang Taruna Medan juga akan mendorong agar  setiap Karang Taruna di kelurahan mempunyai minimal 1 Kelompok Usaha Bersama (Kube). Dorongan itu akan diwujudkan melalui pelaksanaan pelatihan-pelatihan usaha bagi generasi muda. Di samping itu, Karang Taruna Medan juga akan melakukan pembinaan dan pendidikan bagi generasi muda melalui pelatihan live skill, misalnya perbengkelan, salon, percetakan dan sablon, jahit-menjahit bagi remaja putri dan pelatihan lain yang tujuannya membuka lapangan pekerjaan sekaligus mencegah generasi muda dari pergaulan bebas dan narkoba.

Dalam kesempatan itu, Ragil juga mengungkapkan terima kasihnya kepada Zultaufik yang telah 10 tahun memimpin Karang Taruna Medan dan memberikan pengabdian yang sampai sekarang tetap meninggalkan jejak kebaikan bagi organisasi ini. Akhiruddin menilai, Zultaufik telah berjuang membesarkan Karang Taruna di kota ini dengan menjadikan Purna Karang Taruna yang berarti seluruh kecamatan di kota ini telah memiliki Karang Taruna. Selain itu, selama kepemimpinan Zultaufik, telah lahir pula Perda Kota Medan tentang Lembaga Kemasyarakatan mengakui peran dari Karang Taruna sebagai  salah satu lembaga kemasyaratan yang memiliki peran penting dalam pembangunan.

Pada tempat sama, Zultaufik juga menyampaikan selamat bertugas kepada Akhiruddin beserta kepengurusan yang akan terbentuk dalam waktu dekat ini. Dia berharap agar program-program baik yang dapat tetap dilanjutkan. Dia juga mengharapkan, agar dalam waktu dekat ini Karang Taruna ada di seluruh kelurahan di Medan.

“Selama ini berkat kerja keras semua pihak, Karang Taruna telah ada di seluruh kecamatan dan hampir 80 persen dari 151 kelurahan di Medan. Kita berharap, dalam waktu dekat, Karang Taruna ada di seluruh kelurahan di Medan,” ucapnya,

Dalam kesempatan itu, Zultaufik juga mengungkapakan selamat kepada Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin yang baru-baru ini menerima penghargaan Aditya Satya Mahatva Yhoda pada acara Bulan Bakti Nasional di Palembang. Penghargaan ini diberikan karena Eldin dinilai telah memberikan perhatian besar terhadap pengembangan Karang Taruna di Medan. 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan