TABIR SURYA

dibaca 598 pembaca

Tabir surya adalah produk yang terdiri dari beberapa bahan yang dapat mencegah kulit terpapar radiasi sinar ultraviolet. Dua kenis radiasi sinar ultraviolet, yaitu UVA dan UVB dapat merusak kulit, mempercepat penuaan kulit, dan meningkatkan risio kanker kulit. UVB adalah penyebab utama kulit terbakar akibat sinar matahari, sedangkan UVA  sering diasosiasikan dengan pengeriputen,pengenduran, dan efek penuaan kulit lainnya.

SPF atau Sun Protection Factor adalah ukuran seberapa baik tabir surya dapat melindungi kulit dari sinar UVB, sejenis radiasi yang dapat menyebabkan kulit terbakar sinar matahari, kerusakan kulit, bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. Normalnya, kulit akan terbakar setelah terpapat selama 10 menit berada di bawah sianr matahari, SPF 15 secara teori dapat mencegah kemerahan atau kulit terbaka selama 15 kali lebih lama. SPF 15 menyaring sekitar 93 %  sinar UVB yang masuk, SPF 30 menyaring 97 % dan SPF 50 menyaring 98%. Namun tidak ada tabir surya yang dapat menyaring atau memblok seluruh sinar UVB. Akan tetapi tidak ada SPF yang dapat bertahan selama lebih dari 2 jam tanpa pemakaian berulang. Kemerahan akibat terbakar matahari pada kulit merupakan reaksi UVB saja dan sangat memberikan sedikit gejala kerusakan akibat UVA. Banyak kerusakan kulit yang terjadi tanpa disertai dengan kemerahan akibat terbakar matahari.

Setiap orang yang berumur lebih dari enam bulan harus menggunakan tabir surya setiap hari. Walaupun sering berada di dalam ruangan yang dekat dengan jendela dapat terpapar sinar ultraviolet, walaupun sinar UVB tersaring tapi tidak dengan UVA. Anak-anak di bawah umur 6 bulan sebaiknya tidak terekspos sinar matahari, karena kulitnya sangat sensitif terhadap komponen kimia yang terkandung pada sinar matahari dan tabir surya.

Jenis tabir surya yang dipakai tergantung dengan seberapa banyak sinar matahari yang terpapar ke kulit. Banyak pelembab kulit yang beredar di pasaran sudah mengandung SPF di dalamnya, dan ini cukup untuk melindungi kulit dari matahari untuk aktivitas sehari-hari yang tidak berlama-lama berada di bawah sinar matahari. Namun apabila beraktivitas di luar ruangan, diperlukan tabir surya yang tebal, tahan air, dan tahan lama di kulit.