MAKANAN UNTUK SITEM IMUN

dibaca 396 pembaca

Sistem imun merupakan bagian yang penting bagi tubuh manusia karena berperan dalam menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat. Tanpa disadari tubuh kita senantiasa diserang oleh dari berbagai sumber seperti jamur, virus, bakteri, dan sebagainya. Salah satu cara untuk tetap menjaga tubuh selalu sehat adalah dengan memperhatikan asupan yang dikomsumsi setiap hari. Ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh, berikut beberapa di antaranya.

Bayam
Bayam dan jenis sayuran cruciferous lainnya seperti brokoli, kembang kol, kubis dan sebagainya adalah sayuran yang menganduk antioksidan glucosinolates yang kaya akan mineral termasuk zinc dan zat besi yang berperan penting dalam meningkatkan sel darah merah dan sel darah putih, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi sres oksidatif tubuh. Stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya intensitas proses oksidasi sel-sel tubuh normal menjadi semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan yang lebih banyak (wikipedia).

Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan anti virus. Bawang putih mengandung alisin, yang merupakan senyawa organik yang dapat meningkatkan produksi antioksidan tubuh, yaitu glutation peroksidase dan katalase yang berfungsi menangkal radikal bebas. Bawang putih juga membantu tubuh untuk menstimulasi produksi sel darah putih yang nantinya juga bertugas sebagai antioksidan bagi tubuh.

Kuning telur
Kuning telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, juga kaya akan zinc dan selenium serta mineral penting lainnya yang berperan penting dalam menjaga sistem imun tubuh. Walaupun mengandung tingkat kolesterol yang tinggi apabila dikonsumsi dengan jumlah yang cukup/ sedang, namun apabila dikombinasikan dengan makanan yang tepat kuning telur dapat sangat bermanfaat bagi tubuh.

Yogurt
Yogurt adalah sumber makanan yang kaya probiotik seperti lactobacillus dan bifidobacterium. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya (wikipedia). Probiotik ini dapat melindungi sistem imun tubuh melawan penyakit yang diakibatkan bakteri yang berasal dari makanan yang dikonsumsi

Wortel
Sayuran yang kaya beta karoten ini berfungsi menstimulasi antibodi yang terkandung dalam sistem imun yang bertugas menjaga tubuh dari infeksi dan berbagai jenis penyakit.