MUSIK TERAPI

dibaca 466 pembaca

Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama  (wikipedia). Semua orang pasti pernah mendengar dan tahu apa itu musik. Kebanyakan orang mendengarkan musik sebagai sarana  hiburan atau relaksasi. Akan tetapi, musik juga bisa digunakan sebagai sarana terapi untuk kesehatan, baik fisik maupun mental.     

Musik sering dihubungkan dengan suasana hati. Lagu-lagu tertentu dapat membuat kita merasa gembira, sedih, bersemangat, atau relaks. Musik dapat mempengaruhi pikiran dan keadaan sesorang, sehingga banyak penelitian yang dilakukan tentang musik sebagai terapi bagi kesehatan.  Terapi musik adalah adalah proses interpersonal yang menggunakan musik untuk terapi aspek-fisik, emosional, mental, sosial, estetika, dan spiritual untuk membantu pasien dalam meningkatkan atau mempertahankan kesehatan mereka. (wikipedia.com).

Jenis-jenis musik memiliki pengaruh yang berbeda terhadap stimulasi sarag. Musik klasik diketahui dapat memberikan perasaan nyaman dan tenang sedangkan musik rock dapat mengakibatkan ketidaknyamanan. Ada dua jenis terapi musik, yaoti terapi musik aktif dan terapi musik pasif. Dalam terapi musik aktif pasien ikut bernyanyi atai memainkan alat musik sedangkan dalam terapi musik pasif pasien hanya perlu mendengarkan alunan musik tertentu. Ada beberapa manfaat yang didapat dari terapi musik ini, antara lain sebagai berikut.

1.Relaksasi
Terapi musik memberikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk mengalami relaksasi yang sempurna. Dalam kondisi relaksasi (istirahat) yang sempurna itu, seluruh sel dalam tubuh akan mengalami re-produksi, penyembuhan alami berlangsung, produksi hormon tubuh diseimbangkan dan pikiran mengalami penyegaran.

2.Kualitas tidur
Insomnia adalah keadaan sulit tidur dan bagun terlalu cepat di pagi hari. Insomnia adalah masalah kesehatan yang dapat mengakibatkan perasaan kantuk yang berlebihan di siang hari dan kekurangan energi. Musik dapat membantu memperbaiki kualitas tidur dengan membuat Anda tidur lebih nyenyak dan lebih lama.

3.Meningkatkan motivasi
Motivasi seseorang tergantung dari mood atau suasana hati orang tersebut. Apabila suasana hati sedang baik, maka motivasi tentunya juga akan meningkat sehingga produktivitas juga semakin meningkat. Dari hasil penelitian, ternyata jenis musik tertentu bisa meningkatkan motivasi, semangat dan meningkatkan level energi seseorang.

4.Depresi
Depresi adalah penyakit yang melibatkan tubuh, pikiran, dan suasana hati. Dpresi dapat memengaruhi kebiasaan makan dan tidur seseorang serta memengaruhi cara seseorang merasa dan berpikir tentang dirinya sendiri atau tentang situasi kehidupannya. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa terapi musik dapat meningkatkan efek obat-obatan antridepresan. Bagi wanita lanjut usia yang mengidap depresi, musi terapi dapat membantu mengurangi denyut jantung, tingkat pernapasan, tekanan darah, dan suasana hati tertekan.

Walaupun beberapa jenis musik dapat meningkatkan relaksasi dan ketanangan, ada jenis music yang menyebabkan agitasi. Diketahui bahwa jenis musik yang merefleksikan pilihan pribadi pendengarnya lebih memiliki efek yang diinginkan. Mendengarkan musik melalui headphones selama prosedur medis  dapat mengganggu proses penyembuhan.

Dalam melakukan terapi musik harus berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan yang berkompeten. Konsultasi dengan profesional dapat membantu kita dalam memilih jenis perawatan yang sesuai dengan kebutuhan.