Walikota Medan Serahkan Nota Pengantar RAPBD Kota Medan Tahun 2017

dibaca 312 pembaca

Walikota Medan Serahkan Nota Pengantar RAPBD Kota Medan Tahun 2017

Penyerahan Nota Pengantar RPABD Kota Medan Tahun 2017 disampaikan oleh Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si kepada Ketua DPRD Kota Medan Henry John Hutagalung dalam sidang Paripurna DPRD Kota Medan, Senin (19/12) dihadapan Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution, M.Si, para anggota dewan, unsur Forkopimda Kota Medan serta pimpinan SKPD di Kota Medan.           

Pada penyampaian Nota Pengantar RAPBD, dikatakan Walikota bahwa RAPBD Kota Medan pada prinsipnya mencakup 2 (dua) hal pokok, yaitu: materi APBD Tahun Anggaran 2017 dan Nota Keuangan APBD.

Oleh karena itu dengan diserahkannya Nota Pengantar ini, Walikota berharap Pemerintah Kota Medan bersama-sama dengan DPRD Kota Medan nantinya dapat segera melakukan pembahasan bersama terhadap ranperda ini secara komprehensif, berdasarkan KUA serta PPAS APBD Tahun 2017 yang telah disepakati sebelumnya dan tentunya dengan menjunjung tinggi komitmen dan semangat bersama untuk membangun Kota Medan serta mensejahterakan kehidupan masyarakat Kota Medan. Sehingga penetapan Ranperda tentang RAPBD ini berjalan tepat waktu dan program-program prioritas Pemko Medan dapat segera dilaksanakan pada periode anggaran tahun 2017. 

Dalam penyampaiannya Walikota menyampaikan struktur RAPBD 2017 dari sisi pendapatan, belanja daerah, serta pembiayaan daerah. Dari sisi pendapatan 2017 diproyeksikan sebesar Rp 5,24 Trilyun lebih. Sisi belanja sebesar Rp 5,47 Trilyun yang terdiri dari Rp 1,94 Trilyun lebih Belanja Tidak langsung dan 3,52 Trilyun lebih Belanja Langsung, serta pembiayaan sebesar Rp 229,36 Milyar. 

Keseluruhan belanja daerah tersebut diprioritaskan pada upaya pembangunan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan, penataan pasar tradisional, toleransi beragama, pelayanan administrasi kependudukan, keamanan dan kenyamanan, iklim investasi, serta penataan dan penambahan fasilitas publik, taman kota, penerangan kota, dan area publik lainnya.         

Sementara itu Ketua DPRD Kota Medan, Henry Jhon Hutagalung yang menerima Nota Pengantar Walikota Medan menyebutkan bahwa Nota Pengantar ini selanjutnya akan diproses dan dibahas selanjutnya oleh anggota DPRD Kota Medan sesuai dengan ketentuan tata tertib DPRD Kota Medan. Dirinya berharap program-program yang disampaikan dalam Nota Pengantar Walikota Medan ini sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat luas di Kota Medan.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan