Walikota dan TP PKK Medan Ajak Irwansyah Zaskia Gotong Royong & Tanam Pohon

dibaca 202 pembaca

Walikota dan TP PKK Medan Ajak Irwansyah Zaskia Gotong Royong & Tanam Pohon

Gebrakan gotong royong yang dilakukan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan terus berlanjut. Setelah Kecamatan Medan Selayang, kini giliran Kecamatan Medan Tuntungan yang digarap untuk dibersihkan. Jalan Bunga Turi 5, Kelurahan Sidomulyo dipilih menjadi lokasi gotong royong. Selain menjadi langganan banjir, parit yang ada pun tersumbat dan dipenuhi banyak gulma.

Gotong royong yang dimulai pukul 07.00 WIB dihadiri Walikota, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution Lubis, Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani SH, Wakil Ketua I TP PKK, Nurul Khairani Lubis, pimpinan SKPD, Camat Medan Tuntungan, Gelora Kurnia Putra Ginting serta ratusan masyarakat sekitar.

Yang menarik lagi, gotong royong kali ini dihadiri oleh penyanyi sekaligus aktor peran, Irwansyah bersama istri, Zaskia Sungkar. Tidak hanya sekedar hadir, keduanya ikut bersama Walikota, Wakil Walikota, Ketua TP PKK bersama masyarakat mengorek parit yang dipenuhi gulma. Kehadiran Irwansyah beserta istri membuat warga sekitar sempat heboh.

Awalnya warga tidak menyadari jika gotong royong ini dihadiri artis dari ibukota, mereka fokus membersihkan parit dari sampah maupun gulma. Tapi begitu tahu, warga langsung berebut bersalaman sekaligus mengajak selfie. Dengan ramah, Irwansyah bersama istri pun melayani keinginan seluruh warga.

Pelaksanaan gotong royong berjalan dengan lancar, parit yang semula tersumbat kini mulai bersih dan mengalir. Sementara itu Kadis Bina Marga Kota Medan, Khairul Syahnan bersama sejumlah anggotanya berusaha mengatasi kawasan yang rendah dan acap kali menjadi langganan banjir setiap hujan deras turun.

Usai gotong royong, Walikota bersama rombongan TP PKK beserta Irwansyah dan istri bergerak menuju bekas Tempat pembuangan Akhir (TPA) Namo Bintang yang berjarak sekitar 3 km dari lokasi gotong royong. Di tempat mereka melakukan penghijauan dengan menanam sekitar 1.000 bibit tanaman produktif.

Meski cuaca pagi menjelang siang cukup terik namun tidak menyurutkan aktifitas menanam pohon. Selain penghijauan, penanaman ini dilakukan untuk menjadikan kawasan bekas TPA itu sebagai lokasi agrowisata pertama di Kota Medan. Penanaman ini kali kedua dilakukan, sebelumnya Walikota bersama Wakil Walikota beserta sejumlah pimpinan SKPD juga telah melakukan penanaman serupa.

“Kawasan bekas TPA ini akan kita tata untuk dijadikan sebagai lokasi taman wisata buah. Itu sebabnya umumnya pohon yang ditanam merupakan pohon-pohon produktif seperti jambu, mangga, serta rambutan. Insya Allah taman ini akan memberikan manfaat bagi warga Kota Medan,” kata Walikota.

Irwansyah sangat mengapresiasi gotong royong dan penanaman pohon yang digagas Ketua TP PKK Kota Medan. Sebab, dia menilai kegiatan yang dilakukan itu sangat positif untuk menajdikan Kota Medan lebih bersih dan hijau. Oleh karenanya sebagai bentuk apresiasi, Irwansyah ikut serta dalam gotong royong serta penanamanm pohon tersebut.

“Saya menilai kegiatan ini sangat positif sekali. Apalagi Bapak Walikota dan Wakil Walikota ikut langsung gotong royong dan melakukan penanaman pohon. Tentunya ini dapat menajdi contoh yang baik bagi masyarakat, sehingga mereka pun terpanggil untuk ikut gotong royong dan melakukan penanaman di wilayah tempat tinggalnya masing-masing,” ujar Irwansyah.

Dengan penanaman 1000 bibit pohon buah, bekas TPA Namo Bintang mulai terlihat hijau. Apalagi sekitar 600 bibit pohon yang ditanam sebelumnya juga tumbuh. Dengan demikian di atas lahan seluas lebih kurang 16 hektar itu terdapat sekitar 1.600 tanaman buah. Jika ini terwujud, maka eks TPA Namo Bintang ini akan menjadi lokasi agrowisata pertama di Kota Medan.

Sumber Berita : Dinas Kominfo Kota Medan