Walikota Medan Resmikan Deklarasi Gerakan Literasi Sekolah Khairul Imam

dibaca 172 pembaca

Walikota Medan Resmikan Deklarasi Gerakan Literasi Sekolah Khairul Imam

Dalam konteks pendidikan nasional minat baca tulis sangat mengkawatirkan, hal ini disebabkan adanya berbagai persolan misalnya sekolah sebagai lembaga pendidikan formal masih banyak yang belum memiliki program pengembangan literasi atau menumbuhkan budaya tulis baca secara sistematik, padahal siswa menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah, selain itu juga anak-anak dirumah lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menonton TV dari pada membaca buku.

Demikian hal ini disampaikan Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S Msi, saat meresmikan Deklarsi Gerakan Literasi Sekolah Islam Terpadu Khairul Imam Jalan STM Ujung Medan Johor, Jumat (16/11), hadir Pembina Yayasan Khairul Imam H Hasrul Azwar MM, anggota DPRD Medan Irsal Fikri, para guru dan staf pengajar dan siswa-siswi Yayasan Sekolah Islam Terpadu Khairul Imam.

Walikota Medan meminta agar trobosan penting ini hendaknya melibatkan semua pemangku kepentingan dibidang pendidikan, keterlibatan orang tua peserta didik dan masyarakat juga menjadi komponen penting dalam gerakan literasi ini, karena upaya pemerintah hanya akan dapat mencapai hasil sesuai dengan harapan apabila memperoleh dukungan berbagai elemen dan kelompok masyarakat.

"Membaca menulis merupakan salah satu aktifitas penting dalam hidup, sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi budaya, dan literasi budaya yang tertanam dalam diri peserta didik mempengaruhi tingkat keberhasilan baik disekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat," ujar Walikota Medan.

Koordinasi USAID Prioritas Provinsi Sumatera Utara Agus Marwan mengatakan, gerakan budaya membaca yang dilakukan oleh sekolah Islam Terpadu Khairul Imam mertupakan yang kedua I Indonesia setalah di sekolah di kawasan Pulau Jawa, diharapkan dengan diresmikan literasi ini, sekolah Islm terpadu Khairul Imam dapat ditiru oleh sekolah lainnya di Sumatera Utara dan Kota Medan, dan menjadi pelopor terhadap sekolah-sekolah yang ada di Kota Medan terutama sekolah Negeri.

Sementara itu Irsal Fikri Sekretaris Yayasan Khairul Imam mengatakan dengan gerakan Literasi di Sekolah Khairul Imam, Kota Medan bisa menjadi barometer untuk siswanya supaya rajin untuk membaca. Ini sudah menjadi program kita. Dimulai dari Khairul Imam. "harapan wali kota medan harus didukung oleh disdik. Pak wali menginginkan Medan menjadi pilot project. Yayasan mendukung dengan apa yang dibuat USAID", kata Irsal.

Sumber Berita : Dinas Kominfo Kota Medan