Pemko Medan Kirim Tim Kemanusiaan ke Aceh

dibaca 312 pembaca

Pemko Medan Kirim Tim Kemanusiaan ke Aceh

Pemko Medan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Medan menurunkan tim kemanusiaan untuk membantu proses penanggulangan bencana gempa bumi di Pidie Jaya dan Bireun, Aceh. Pelepasan tim kemanusiaan ini dilakukan oleh Wakil Walikota Medan, Ir. Akhyar Nasution S. M.Si di kantor BPPD, Kamis (8/12/2016).

Dalam apel sebelum pelepasan, Wakil Walikota Medan menyampaikan rasa belasungkawa segenap jajaran Pemko Medan dan warga kota ini atas bencana gempa bumi yang melanda Aceh. Dia berharap, tim kemanusiaan yang dapat membantu proses penanggulangan bencana. Dalam kesempatan itu, Akhyar juga mengingatkan agar anggota Tim Kemanusiaan dapat menjalin koordinasi dengan Posko Utama. Sehingga penanganan yang dilakukan dapat berjalanan efisien dan efektif, tidak saling tumpang tindih. "Jaga berkoordinasi dengan posko untuk dalam hal penanggulangan bencana, pencarian maupun evakuasi," pesan Akhyar seraya berharap anggota tim juga dapat bekerja secara hati-hati dan menjaga kesehatan selama melakukan tugas kemanusiaannya.

Keberangkatan Tim Kemanusiaan pagi tadi merupakan yang kedua. Kemarin, Rabu (7/12/2016), Pemko Medan juga telah menurunkan tim ke lokasi bencana. Sebanyak 13 personil, dua unit mobil jenazah, satu unit mobil ambulance, satu unit mobil tangki air, serta 10 tenaga medis, termasuk para dokter. Akhyar mengatakan, pengirimkan Tim Kemanusiaan sekaligus bantuan logistik ini adalah bentuk kepedulian dan keprihatinan Pemko dan warga Medan atas bencana yang melanda di Aceh. Dia berharap, bantuan ini dapat memberikan manfaat kepada para korban gempa.

Secara terpisah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan, Drs. Darussalam Pohan M.AP menyebutkan, Tim Kemanusian ini langsung dikoordinir Kepala BPBD Kota Medan, Hana Lore. Selain, pada keberangkatan yang kedua ini, juga ditambah personil tim rescue yang bertugas untuk mencari dan mengevakuasi korban bencana gempa. "Penambahan anggota tim rescue ini dilakukan setelah berkoordinasi dengan Posko Utama," ungkap Darussalam. Dia juga menyebutkan, selain personil tim rescue, Pemko Medan juga mengirimkan bantuan logistik dengan warga korban gempa. Bantuan itu berupa beras, mie instan, dan perlengkapan bayi.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan