TANAMAN PENGUSIR NYAMUK

dibaca 946 pembaca

Di musin penghujan banyak nyamuk yang berkembang biak. Suaranya yang mendengung dan gigitannya yang gatal sangat mengganggu. Jika masuk ke rumah dapat menularkan berbagai macam penyakit seperti malaria, kaki gajah, dan demam berdarah. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah nyamuk, seperti menggunakan obat nyamuk atau lotion anti nyamuk. Namun, asap yang ditimbulkan atau bahan kimia yang tekandung di dalamnya mungkin dapat mengganggu kesehatan tubuh. Ada beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk, seperti menggunakan tanaman.

ROSEMARY
Tanaman pengusir nyamuk terbaik yang pertama adalah tanaman rosemary. Rosemary ini sebenarnya adalah sejenis bunga yang aromanya mirip seperti minyak kayu putih atau minyak telon yang selama ini sering anda gunakan. Jika anda ingin menanam bunga ini, anda bisa menanamnya di pot atau langsung saja di tanah pada pekarangan anda. Jika anda akan keluar rumah, anda juga bisa menggosokkan daunnya pada kulit anda untuk terhindar dari gigitan nyamuk.

LAVENDER
Tanaman yang satu ini memang sangat terkenal manjur untuk membasmi nyamuk, dan dijadikan bahan utama pada beberapa produk anti nyamuk. Bagian yang berfungsi untuk mengusir nyamuk adalah bagian bunganya. Bunga ini sebenarnya berasal dari Swiss tepatnya pada pegunungan Alpen. Kandungan yang sangat tidak disukai nyamuk pada bunga ini adalah kandungan lynalyl acetate dan kandungan linaloolnya. Kandungan tersebut dapat menimbulkan aroma yang dapat menyebabkan nyamuk merasa pusing.

SERAI WANGI
Tanaman pengusir nyamuk terbaik yang selanjutnya adalah tanaman serai wangi. Hal tersebut dikarenakan serai mengandung zat sitronelal dan geraniol yang ternyata sangat tidak disukai nyamuk. Jika anda ingin menanam serai ini, tanamlah di belakang rumah karena tanaman serai kurang cocok jika ditanam di bagian depan rumah

AKAR WANGI
Tumbuhan akar wangi dapat mengendalikan populasi nyamuk deman berdarah. Nyamuk demam berdarah, konon sangat takut menghadapi tumbuhan akar wangi. Bau nyengat yang keluar dari tumbuhan ini cukup mematikan bagi nyamuk jenis itu.

GERANIUM
Di Indonesia tanaman ini lebih dikenal dengan nama tapak dara. Karena mengandung zat geraniol dan sitroneol tanaman ini ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini juga sudah banyak digunakan untuk lotion pengusir nyamuk. Cara mengusir nyamuk dengan tanaman ini adalah dengan meletakkannya pada daeran masukknya angin, sehingga daun daun Geranium ini saling bergesekan, dan mengeluarkan bau yang tidak disukai nyamuk.