Walikota Terima Penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI

dibaca 273 pembaca

Walikota Terima Penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI

Walikota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si menerima penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Menurut UU 25/2009 dari lembaga negara pengawas publik, Ombudsman Republik Indonesia di Hotel Borobudur Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta, Rabu (7/12/216). Penghargaan ini diberikan karena Pemko Medan dinilai telah memenuhi memenuhi standard pelayanan disemua unit pelayanan.

Dari 16 SKPD di lingkungan Pemko Medan yang mengusung 47 produk layanan adminstrasi, Pemko Medan berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan Ombudsman berhasil meraih nilai rata-rata 83,35 dan masuk zona hijau dengan Peringkat Kepatuhan Tinggi. Penilaian ini diberikan setelah ombudsman melakukan observasi pada Mei-Agustus 2016.

Berdasarkan hasil penilaian yang  telah telah dilakukan Ombudman,  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan paling tinggi nilai standar pelayanan publik dari 16 SKPD yang telah diobservasi. Dari 5 produk layanan yang dilakukan seperti izin trayek, izin usaha angkutan, kartu pengawasan, pendaftaran kenderaan tidak bermotor, pendaftaran sepeda motor, barang serta betor, Dishub mendapatkan nilai 96 untuk masing-masing produk layanan.

Sedangkan SKPD yang paling rendah penilaiannya yakni Dinas Sosial dan Tenaga kerja (Disosnaker). Dari 3 produk layanan yang dilakukan meliputi penerbitan AK-1 (kartu pencari kerja), penerbitan izin lembaga pengguna tenaga kerja swasta (LPTKS) dan rekomendasi pembuatan paspor Tenaga Kerja Indonesia, Disosnaker hanya mendapatkan nilai 51 sampai 56,50 untuk ketiga produk layanan tersebut.

Pemberian penghargaan ini dihadiri langsung Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. Untuk Pemko Medan, penghargaan diberikan langsung Ketua Ombudsman RI,  Prof. Amzulian Rifai, SH LL M PhD kepada Walikota. Penghargaan ini tentunya sangat membanggakan bagi Walikota, sebab tekadnya untuk terus meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat melalui SKPD di lingkungan Pemko Medan mulai membuahkan hasil.

Amzulian berharap agar hasil ini perlu disikapi secara potitif dengan upaya perbaikan dan komitmen pimpinan terhadap penilaian tersebut. Bagi pimpinan SKPD  yang produk layanannya mendapatkan zona hijau, Azulian minta agar pimpinan (Walikota memberikan aprwesiasi (award) sebagai bentuk penghargaan atas segala upaya dan komitmen pimpinan unit atas keberhasilan memenuhi komponen standar pelayanan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik. "Bagi pimpinan unit pelayanan publik yang produk layananan mendapatkan zona kuning dan merah agar diberikan teguran dan dorongan implementasi pelayanan publik agar lebih baik lagi kedepannya," kata Amzulian.

Selanjutnya Amzulian juga berpesan agar kepala daerah memantau konsistensi dan peningkatan kepatuhan dalam pemenuhan standar pelayanan publik. Setiapa unit pelayanan, katanya, wajib menyusun, menetapkan dan menerapkan standar pelayanan public sesuai UU No.25/2009. Terdapat lebih dari 10 komponen standar playanan yang harus dipenuhi penyelenggara pelayanan publik demi tercapainya kualitas pelayanan publik untuk kesejahteraan masyarakat. "Guna memantau pemenuhan standar pelayanan publik dan untuk menjaga konsistensi dan peningkatannya, perlu menunjuk pejabat yang kompoten," ujarnya.

Walikota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si mengatakan, penghargaan yang diberikan ini tentunya semakin memotivasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Untuk itu dia mengingatkan kepada seluruh jajarannya agar tidak puas dengan hasil yang diperoleh ini. "Jadikan ini sebagai motivasi untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan kemauan, keikhlasan dan kerja keras yang kita lakukan, insya Allah pelayanan publik di Kota Medan bisa lebih baik lagi kedepannya," ujar Walikota.

Selanjutnya Eldin mendedikasikan penghargaan ini kepada sleuruh warga Kota Medan. Mantan Wakil Walikota dan Sekda Kota Medan ini yakin pelayanan yang diberikan masih belum memuaskan masyarakat sepenuhnya. Namun dengan dukungan penuh dari seluruh masyarakat, Eldin akan berupaya sekuat tenaga akan terus melakukan perbaikan. "Kita ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kota Medan," ungkapnya.

Tak lupa Eldin mengucapkan terima kasih kepada SKPD yang terus berinovasi dan melakukan perubahan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sedangkan bagi SKPD yang nilainya masih rendah, Eldin berjanji akan terus melakukan perbaikan sehingga pelayanan yang diberikan lebih memuaskan masyarakat ke depannya.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan