Walikota Medan Buka Diklat Bagi Para Kepala Sekolah di Lingkungan Pemko Medan

dibaca 301 pembaca

Walikota Medan Buka Diklat Bagi Para Kepala Sekolah di Lingkungan Pemko Medan

Kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang menentukan peningkatan kualitas pendidikan. Karena kepala sekolah bukan hanya berfungsi sebagai pemimpin di lingkungan sekolah, tetapi juga bertugas sebagai pembina dan pembimbing bagi seluruh elemen yang terlibat didalam sekolah tersebut. Hal ini dikatakan Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan Ikhwan Habibi Daulay, SH.MH saat membuka diklat bagi para Kepala Sekolah/calon Kepala Sekolah tingkat Sekolah Dasar dan Menengah di lingkungan Pemerintah Kota Medan, di Hotel Grand Kanaya, Jl. Darussalam, Senin (5/12/2016). Diklat ini berlangsung dari tanggal 5 - 9 Desember 2016, dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang.

Ikhwan Habibi Daulay saat membacakan sambutan Walikota Medan mengatakan diklat ini memiliki arti dan fungsi yang cukup penting, yaitu sebagai upaya untuk mengembangkan profesionalisme sumber daya aparatur di lingkungan Pemko Medan khususnya bagi para kepala sekolah, dalam rangka penyelenggaraan pelayanan pendidikan kepada masyarakat, karena pendidikan merupakan faktor penting bagi kemajuan suatu negara. Melalui pendidikan diharapkan akan lahir sumber daya manusia yang berkualitas, baik dari segi spiritual, intelegensia, dan skill. Untuk itulah Ikhwan Habibi mengaku sangat mendukung diselenggarakannya diklat ini, sebab Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab di lingkungan sekolah harus mampu memberikan bimbingan kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang dapat menumbuh kembangkan potensi siswa agar lebih kreatif, inovatif dan selalu berfikiran positif. "Melalui diklat ini saya harapkan kepala sekolah memiliki kemampuan untuk menjadi pembimbing bagi para guru, agar mereka lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya, serta memahami kebijakan pemerintah tentang standar pendidikan dan penugasan guru sebagai kepala sekolah," harap Ikhwan.

Disamping itu, Ikhwan juga berpesan kepada para peserta diklat, agar mengikuti diklat ini dengan sungguh-sungguh, serta dapat mempelajari dan memahami berbagai aturan dan pedoman tentang guru dan kepala sekolah, sehingga mampu mengaplikasikannya dengan benar di lingkungan sekolah masing-masing. "Ikuti diklat ini dengan sungguh-sungguh, semoga melalui diklat ini kita dapat menjadi sumber daya manusia yang kompeten, mampu bekerja dengan benar sesuai dengan peraturan, dan dapat menerapkan prinsip efisiensi, efektifitas, transparan, serta akuntabel," pesan Ikhwan.

Sementara itu Kepala Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kota Medan Fakhruddin, SH selaku penyelenggara diklat mengatakan tujuan dilaksanakannya diklat ini ialah untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah yang difokuskan dalam mengelolah, memimpin dan mensupervis guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis kreatifitas, inovasi, pemecahan masalah, berfikir kritis dan bernaluri kewirausahaan sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kreativitas, inovasi, kemampuan memecahkan masalah dan bernaluri kewirausahaan. Adapun materi yang akan diberikan selama diklat mecakup kebijakan pemerintah tentang standar kepala sekolah, penugasan guru sebagai kepala sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, penilaian kinerja guru dan kepala sekolah, supervisi akademik, serta penilaian dan penelitian tindakan kelas. "Selain itu kita juga akan membahas materi tentang pengelolaan kurikulum, RKS/RAKS, Kewirausahaan, dan administrasi sekolah yang nanti akan disampaikan oleh tenaga fasilitator," lanjutnya. Guna mencapai tujuan dari Diklat ini, Kepala Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kota Medan Fakhruddin, SH sengaja mengundang narasumber dari lembaga penjamin mutu pendidikan Provinsi Sumatera Utara Drs. Syahdian M.Si dan Drs. Muhammad Arifin M.Pd.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan