Walikota Medan Hadiri Seminar Nasional Psikoterapi Islam

dibaca 206 pembaca

Walikota Medan Hadiri Seminar Nasional Psikoterapi Islam

Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S M. Si, didampingi Kabag Agama Pemko Medan Drs. Ilyas Halim menghadiri Seminar Nasional Psikoterapi Dalam Islam yang diselenggarakan oleh Lembaga Konsultan Tasawuf Qurani Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam (LKTQ FUSI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) di Aula UIN Sumatera Utara, Minggu (4/12).

Walikota Medan, Dzulmi Eldin dalam arahannya mengapresiasi penyelenggaraan Seminar Nasional oleh UIN Sumatera Utara. Melalui kegiatan ini, Walikota Medan berharap perkembangan Iptek yang berasaskan nilai-nilai keruhanian Islam dalam Alquran akan terus dikembangkan oleh UIN Sumatera Utara sehingga dapat diimplementasikan dalam pengembangannya pada masa mendatang oleh peserta seminar.

“Secara medis mungkin kita ada dokter, tetapi secara agama Islam metode pengobatannya yang didalami dan dikembangkan oleh pakar-pakar dari Tasawuf UIN Sumatera Utara ini nantinya bisa memperbaiki diri kita mulai dari bagaimana hatinya, untuk bisa mengobati orang yang sebenarnya belum tentu ia sakit, tapi karena hatinya yang sakit maka ia seperti orang yang sakit benaran,” ungkap Eldin.

Kemudian lanjut Eldin, menjaga hati itulah sangat penting, “Dari simbolnya saja sudah dapat kita lihat stetoskop dan hati. Kalau hati kita itu bersih dan iklas, insyaallah kita tidak akan dongkol dan marah. Tapi begitu hati dongkol dan marah disitulah penyakit mudah datang, hati kita sakit dan jiwa kita pun ikut sakit juga,” sambungnya.

Untuk itu Eldin berharap dalam seminar ini nantinya dapat dikembangkan hal-hal yang belum diketahui banyak orang dari psikoterapi dalam islam dan menjadi suatu penemuan baru untuk bagaimana kita bisa memberikan pengobatan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia, khususnya Kota Medan.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan