Terkait PPID, Sekda Kabupaten Banyumas Kunjungi Dinas Kominfo

dibaca 383 pembaca

Terkait PPID, Sekda Kabupaten Banyumas Kunjungi Dinas Kominfo

Tim PPID Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, mengunjungi Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Medan, Jalan Sidorukun, Jumat (2/12/2016). Kedatangan Tim yang diketuai Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas dan diterima Kepala Dinas Kominfo Drs. Darussalam Pohan M.AP ini guna studi banding mempelajari PPID di Kota Medan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Informasi Publik di Kabupaten Banyumas.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Ir. Wahyu Budi Saptono M.Si mengatakan kehadirannya bersama Kabag Humas dan Protokol serta Seluruh Sekretaris Dinas di lingkungan SKPD Banyumas selain bersilaturahmi juga untuk mengadopsi berbagai pengetahuan atau Informasi terkait dengan pengelolaan PPID guna diterapkan di PPID Kabupaten yang beribukotakan Purworkerto ini. "Terima kasih atas Sambutan bapak Kepala dinas, saya berharap kunjungan studi banding ini dapat memberikan manfaat bagi kami dan apa yang kami peroleh tentang pengelolaan PPID ini dapat kami adopsi dalam mengelola keterbukaan Informasi publik di Kabupaten Banyumas", kata Wahyu.
 
Menurut Wahyu, dalam memenuhi kebutuhan Pelayanan Informasi Publik sesuai Undang - Undang No 4 tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi publik, maka PPID Kabupaten Banyumas dan PPID pembantu terus melakukan pembelajaran untuk kebaikkan PPID. "Selama ini kami telah memberikan data yang akurat kepada pemohon Informasi, akan tetapi setelah diberikan data tersebut, kami mendalami kendala. Artinya data positif yang telah kami berikan kembali kepada kami khususnya masing - masing SKPD menjadi negatif, tentunya hal ini menjadi perhatian dan fokus studi banding kami, sebab Pengelolaan PPID di Kota Medan sudah baik", jelas Sekda Kabupaten Banyumas.
 
Selanjutnya Sekda Kabupaten Banyumas ini juga menjelaskan bahwa sebelum ke Kota Medan dirinya dan rombongan juga telah mengunjungi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara guna mempelajari pengelolaan PPID. Selain itu rombongan juga telah menikmati destinasi Pariwisata di Sumatera Utara dan Kota Medan. "Setelah studi banding ini, kami (PPID Kabupaten Banyumas) dapat segera meng-up grade pengelolaan PPID, sebab banyak Informasi  baru yang diperoleh dari kunjungan ke Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan khususnya Dinas Kominfo. Artinya studi banding ini guna kemajuan pembangunan di Kabupaten Banyumas khususnya Informasi publik", ungkap Wahyu.
 
Kadis Kominfo Kota Medan Drs. Darussalam Pohan M.AP didampingi Sekretaris dan Kepala Bidang mengungkapkan Pemko Medan khususnya Dinas Kominfo sangat berterima kasih atas kunjungan tim PPID Kabupaten Banyumas yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah, dimana kunjungan ini merupakan kebanggaan serta motivasi bagi kami. Balas"PPID di Kota Medan dikelola oleh Dinas Kominfo, dan untuk PPID pembantu yang ada disetiap SKPD itu dikelola oleh Sekretaris di Dinas atau pun Kecamatan masing masing. Untuk pengelolaannya kami rutin menggelar pertemuan Guna mensosialisasikan PPID", kata Darussalam.
 
Darussalam berharap, pertemuan ini dapat mensinkronisasikan antara PPID Kabupaten Banyumas dan PPID Kota Medan dalam rangka memberikan pengabdian dan Pelayanan kepada masyarakat khususnya Informasi publik. "Pertemuan ini diharapkan, kedepannya seluruh nformasi yang diperlukan masyarakat baik itu di Banyumas maupun Kota Medan sama - sama dapat diberikan secara terbuka dalam rangka Pelayanan kepada masyarakat", ungkap Darussalam.
 
Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan
baca juga
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan