Walikota Medan hadiri peringatan hari AIDS sedunia tingkat kota Medan

dibaca 332 pembaca

Walikota Medan hadiri peringatan hari AIDS sedunia tingkat kota Medan

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Marah Husin Lubis, SH, menghadiri peringatan hari AIDS sedunia tingkat Kota Medan, di Lap. Pertiwi, Jln. Bilal, Kec.Medan Barat, Kamis (1/12). Peringatan hari AIDS sedunia ini turut dihadiri pula oleh Wakil Ketua TP PKK Kota Medan Nurul Khairani Lubis, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas I Medan DR. Jefri Sitorus M.Kes, Kepala Kantor Kesehatan Lantamal I Belawan Letkol Laut Rinaldi, serta sejumlah pimpinan SKPD dijajaran Pemko Medan.

Dalam sambutan Walikota Medan yang dibacakan Marah Husin Lubis, mengatakan masalah HIV dan AIDS  merupakan masalah global, bahkan sindrom bagi setiap orang, sebab sangat banyak kelompok masyarakat yang rentan dan potensial baik langsung maupun tidak langsung, dapat terjangkit penyakit yang menakutkan ini.
Sebagai ibu kota Provinsi, lanjut marahusin, Kota Medan mungkin berpotensi sebagai salah satu yang dapat mempercepat penyebaran HIV dan AIDS. Virus ini mewabah bukan saja pada kelompok masyarakat yang menyimpang, tetapi juga bisa pada bayi, remaja perempuan, bahkan pada petugas kesehatan dan orang-orang pada umumnya. Orang ya mengidap penyakit ini, tidak sepenuhnya dapat diterima dengan mudah dalam masyarakat. Kerap kali didapati adanya perlakuan diskriminatif, stigma negatif, bahkan dikucilkan dalam pergaulan sehari-hari.

"Kondisi seperti ini disebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap penyakit ini, masyarakat beranggapan penyakit ini didapat dari perbuatan yang kurang bermoral, sekaligus dapat menular kepada orang lain,"kata Marahusin.
Untuk itulah, melalui peringatan hari AIDS sedunia ini, Marahusin mengajak masyarakat kota Medan untuk meningkatkan kesadaran terhadap ancaman bahaya yang serius ini. Pemahaman tentang seluk-beluk HIV/AIDS harus dilakukan secara merata ke segenap lapisan masyarakat.

"Kampanye pencegahannya dan penanggulangannya harus dilakukan secara terus menerus, dilakukan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam, sehingga semakin optimal,"ungkap Marahusin.
Sebelumnya Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat Kota Medan Drs. Ahmad Raja Nasution, M.SP, dalam laporannya mengatakan peringatan hari AIDS sedunia tingkat kota Medan ini dilaksakan sebagai upaya meningkatkan pemahaman, kepedulian dan komitmen seluruh Dinas/instansi/lembaga dan sektor terkait serta masyarakat tentang bahaya dari virus HIV/AIDS demi menekan laju penularan HIV/AIDS dikota Medan.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan