MANFAAT CUKA APEL

dibaca 290 pembaca

Cuka apel terbuat dari sari apel yang telah difermentasu, dimana bakteri dan ragi mengubah gula menjadi alkohol dan akhirnya menjadi asam asetat. Cuka apel kaya akan mineral seperti kalium, natrium, klorida, fosfor, kalsium, magnesium, mineral seperti tembaga, flour, serta vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, bioflavonoid, dan pektin.

Ada dua macam jenis cuka apel yakni cuka apel yang terbuat dari fermentasi sari apel dan juga cuka apel yang terbuat dari sari apel beralkohol (cider). Cuka apel yang dibuat dari sari apel beralkohol mengandung kadar alkohol sebanyak 5,85%. Berikut adalah beberapa manfaat dari cuka apel.

MENGATASI TEKANAN DARAH TINGGI
Manfaat yang disediakan pada buah apel sendiri memang sangat mampu untuk menstabilkan tekanan darah yang akan melancarkan peredaran darah. Khasiatnya tidak berubah meskipun buah apel tersebut sudah difermentasi menjadi cuka.

MENYEMBUHKAN LUKA
Cuka apel juga bisa menyembuhkan luka dengan cara kerjanya yang mencegah penyebaran bakteri pada luka. Selain itu, cuka apel bisa dimanfaatkan untuk proses penyembuhan dan mengurangi rasa gatal yang biasanya timbul ketika luka akan segera sembuh.

MEMBANTU PERAWATAN WAJAH
Cuka apel sangat membantu apabila digunakan untuk menjaga keseimbangan Ph pada kulit wajah. Anda bisa menggunakan cuka apel di malam hari ketika mau tidur dan di pagi hari sebelum memakai pelembab wajah.

Bagi Anda yang memiliki flek hitam di wajah baik karena jerawat yang meninggalkan “jejak” maupun karena penyakit lainnya, bisa dihilangkan dengan cuka apel ketika menjelang tidur. Namun, jangan digunakan secara langsung. Penggunaannya harus mencampurkannya dengan air karena sifatnya yang asam bisa merusak lapisan kulit.

DIABETES
Studi telah melaporkan bahwa cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah paad pasien yang menderita diabetes tipe 2. Dalam sebuah studi dilaporkan bahwa cuka apel memiliki aktivitas yang sama seperti metformin atau acarbose, yang keduanya merupakan obat anti diabetes.

MEREDAKAN PENYAKIT REMATIK
Permasalahan persendian seperti rematik biasanya terjadi karena endapan zat asam disekitar sendi sehingga mengganggu kekuatan tulang. Kandungan magnesiumnya berfungsi sebagai perekat yang melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang dalam tubuh yang juga mampu melawan gejala penyakit osteoporosis atau tulang rapuh.

MEMBANTU MENURUNKAN BERAT BADAN
Cuka apel telah dipercaya berbagai masyarakat di belahan dunia karena efeknya yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka apel dalam minuman lalu meminumnya, efektif untuk menurunkan berat badan bagi anda yang mengalami masalah berat badan. Setidaknya terdapat beberapa kandungan zat yang terdapat didalamnya yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

MEMBERSIHKAN RAMBUT
Kandungan cuka apel yang bersifat residu bisa merontokkan kotoran rambut yang berasal dari produk kimia seperti gel atau hair sprey. Gunakan cuka rambut untuk pembilas rambut saat keramas agar kotoran terkelupas kulit kepala menjadi bersih.