ALTERNATIF MESIN PENCARI

dibaca 240 pembaca

Internet bukan merupakan barang asing di zaman sekarang ini. Bahkan, bagi sebagian orang internet merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan adalah browsing. Seperti yang kita ketahui, kegiatan browsing memerlukan alat yang disebut search engine atau mesin pencari. Mesin pencari yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia adalah google. Tetapi, ada baiknya kita mengetahui beberapa mesin pencarian lain yang bisa dijadikan alternatif selain google.

DUCKDUCKGO
duckDuckGo adalah mesin pencari yang dapat digunakan oleh pengguna internet yang ingin tetap anonim selama menjelajah internet. DuckDuckGo didirikan pada tahun 2007 oleh Gabriel Weinberg, yang berpendapat bahwa ketika dihadapkan untuk memilih antara hasil yang bagus dengan hasil bagus ditambah privasi, orang akan memilih yang terakhir. Privasi adalah hal yang selalu dikaitkan dalam penggunaan internet. Tidak seperti google, duckduckgo tidak menyimpan riwayat browsing dan profil sosial media. Saat ini, DuckDuckGo melayani sekitar 5 juta pencarian per bulan.

BLEKKO
Blekko menyediakan tampilan yang unik dengan menyajikan hasil pencairan berdasarkan kategori. Blekko menggunakan “slashtag”, yaitu tag yang didahului tanda ‘/’ , seperti “hashtag” di twitter. Engine slashatag sendiri adalah sebuah engine atau mesin pencarian yang memperbolehkan penggunanya untuk melakukan pencarian dalam grup yang diinginkan. Lebih dalam lagi pencarian dapat dilakukan dalam subset website yang telah ditentukan. Tujuan dari Blekko adalah menciptakan hasil pencarian yang melebihi hasil pencarian Google dengan memaksimalkan pencarian dari 3 miliar halaman web dan tidak mengikutseratakan situs yang dianggap adalah situs dengan konten serupa.

WOLFRAMALPHA
Situs ini diluncurkan pada tahun 2009. Situs ini dapat melakukan berbagai jenis penghitungan, mulai dari yang sederhana seperti penjumlahan sampai dengan kalkulus kompleks dan statistika.

DOGPILE
Pada tahun 1990 an, DogPlie menikmati masa-masa kejayaannya sebagai pilihan untuk mesin pemcari yang cepat dan efisien sebelum google. Sekarang ini Dogpile dikatakan kembali dengan indexing yang lebih baik dimana ia menggabungkan berbagai pencarian dari mesin pencari dunia yang akan Anda lihat di daftar ini. Seperti Google, Yahoo!, Yandex, Ask, Bing, dan banyak lainnya.

BING
Bing dapat disebut sebagai mesin pencari papling populer nomor dua di dunia setelah google. Bing merupakan mesin pencari milik perusahaan terkemuka Microsoft. Salah satu kelebihannya adalah terdapatnya desain gambar yang ditampilkan ketika mengunjungi situs Bing.com. Kelebihan lain dari Bing terletak pada fitur xRank yang memungkinkan untuk memperoleh data referensi pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh para penelusur Bing.

ASK
Ask adalah sebuah layanan mesin pencari veteran yang sempat populer pada tahun 1996. Ask.com atau yang juga dikenal sebagai Ask Jeeves ini telah diakuisisi oleh perusahaan InterActiveCorp (IAC) pada tahun 2005. Ask.com menyediakan layanan berbagi fasilitas terhadap para pemakainya untuk bertanya guna memperoleh jawaban yang relevan.