Wali Kota Ajak Warga Cintai Produk Dalam Negeri

dibaca 223 pembaca

Wali Kota Ajak Warga Cintai Produk Dalam Negeri

Pemko Medan akan terus mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas dan daya saingnya.

 

Selain itu  harus senantiasa mampu berorientasi pada konsumen artinya, produk UMKM harus bisa memenuhi pesanan dan keinginan masyarakat, sehingga lambat laun akan ada perbaikan  kualitas produk. Kuncinya, kreatifitas  dan inovasi harus terus ditumbuhkan kepada para pelaku UMKM.

                

Demikian disampaikan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi ketika membuka Karnaval Bazar UMKM Kota Medan di Atrium Utara Plaza Medan Fair Jalan Gatot Subrtoto Medan, Selasa (4/10).

 

Dikatakan Eldin,  upaya ini dilakukan Pemko Medan  agar UMKM lokal dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri  serta terus didorong untuk bersaing di luar negeri.

               

Menurut Eldin, dorongan ini dilakukan karena yakin Kota Medan memiliki industri kreatif yang sangat potensial dan amsih dapat dikembangkan ke depannya.

 

Salah satu potensi yang dapat digali adalah industri kreatif yang terkait dengan kebudayaan dan kearifan lokal sehingga menjadi ciri khas Kota Medan sebagai kota multikultural.

               

Modal kebudayaan dan kearifan lokal ini dapat menjadi sumber kekuatan industri kreatif yang tidak dimiliki oleh bangsa lain, kata Eldin.

               

Meski demikian  Eldin menyadari bahwa sektor UMKM masih mengalami kendala berdasarkan hasil survei menunjukkan, secara umum pelaku UMKM menghadapi tiga kendala utama untuk lebih maju dan berkembang yakni terbatasnya akses pembiayaan, pasar dan keterampilan sumber daya manusia.

               

Pemecahan atas kendala itu bilang Eldin yang hadir bersama Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubis  serta sejumlah pimpinan SKPD, tentunya komitmen, dukungan serta kontribusi semua pihak.

 

Untuk itu Pemko Medan akan terus berupaya memberikan kontribusi yang terbaik  bagi pengembangan dan pemberdayaan UMKM, salah satunya dengan menggelar Karnaval Bazar UMKM.

               

Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi ladang untuk bertukar informasi baik antara pelaku UMKM dan konsumen maupun diantara sesama pelaku UMKM.

 

Kemudian dapat meningkatkan kapasitas UMKM, terutama dalam aspek pemasaran dan permodalan, ungkapnya.

               

Selanjutnya Eldin mengajak seluruh masyarakat, khususnya generasi muda untuk lebih menghargai, mencintai dan menggunakan produk dalam negeri, terutama hasil para UMKM sehingga  produk  UMKM akan terus maju dan berkembang.

               

Di kesempatan itu Eldin menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Koperaasi dan UMKM Kota Medan, sebab menggelar kegiatan ini di plaza.

 

Pilihan itu dinilai sangat positif karena tujuannya untuk mengajak masyarakat untuk membeli produk hasil UMKM yang kualitasnya bersaing dengan barang-barang di plaza maupun mal.

               

Kadis Koperasi dan UMKM Kota Medan,  Arjuna Sembiring dalam laporannya menjelaskan, tujuan kegiatan ini digelar untuk memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM mempromosikan hasil produk  mereka sekaligus sebagai wahana edukasi. Selain  itu sebagai wujud melaksanakan program pemerintanh dalam membina, menghimpun serta mengembangkan UMKM menjadi tulang punggung ekonomi kerakyatan.

                

Kemudian menjadi wahana interaksi dan kontak bisnis langsung dari pelaku UMKM dengan para investor,buyers (pembeli), penyedia teknologi dan untuk meraih peluang bisnis dan menjalin kerjasama  yang saling menguntungkan di bidang investasi.

 

Serta mematangkan pelaku UMKM untuk lebih siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), jelas Arjuna.

               

Dipaparkan, Arjuna event ini berlangsung selama 7 hari diikuti 70 stan selain menyajikan produk unggulan UMKM, Arjuna mengatakan pihaknya juga melaksanakan serangkaian kegiatan untuk menarik perhatian pengunjung seperti tari-tarian, akustik band, lomba fashion show cilik, lomba mewarnai, fotografi stand up comedy, talk show, coaching clinic serta band lokal.

               

Sebelum membuka even, Wali Kota memberikan penghargaan kepada 10 wirausaha Kota Medan  yang akan mengikuti seleksi lomba wirausaha tingkat nasional.