Wali Kota Medan Buka Seminar BEKRAF Developer Day

dibaca 326 pembaca

Wali Kota Medan Buka Seminar BEKRAF Developer Day

Indonesia saat ini masih menghadapi sejumlah permasalahan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi di antaranya adalah kesenjangan akses informasi antara pusat dan daerah. pengayaan informasi dan pembangunan infrastruktur komunikasi di Indonesia juga masih lemah sehingga harus mengejar ketertinggalan dari negara lain yang jauh lebih maju.

 

Demikian hal ini disampaikan Wali Kota Medan Drs Dzulmi Eldin S Msi ketika membuka Acara Seminar yang bertema Bekraf Developer Day yang digelar Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia di Hotel Adimulya, jalan Diponegoro, Sabtu (1/10).

 

Hadir Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Ricky Josep Pesik, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif Hari Sungkari, dan Para Peserta Berkraf developer Day.

 

Menurut Eldin, agar mampu menstimulasi perkembangan teknologi untuk mengejar ketertinggalan diperlukan kebijakan tersebut artinya apabila perkembangan teknologi tidak dipacu suatu negara akan terus Tertinggal dan termarjinalkan di dunia global.

 

Harus diakui perkembangan Kota Medan harus diakui perkembangan ICT tidak sepesat perkembangan beberapa kota besar di Indonesia.

 

Untuk itu, selain terus berinovasi, tugas di bidang informasi  komunikasi dan teknologi yang paling utama adalah melakukan pemetaan yang menyeluruh terhadap kebutuhan yang paling mendasar, kata Wali Kota.

 

Menurut Eldin, Melalui ICT Kepala Daerah dan Para Pimpinan akan dapat mengambil Keputusan atau kebijakan dengan cepat, jelas dan efesien. Selain itu ICT juga menjadi solusi terbaik untuk Pengembangan ekonomi daerah karena hanya dengan 1 persen investasi di bidang ICT akan mampu meningkatkan ekonomi daerah 3 sampai 5 persen.

 

Dengan ICT Pemerintah akan dimudahkan dengan memudahkan pelaksanaan program satukan manajemen satu atap yang akan mengefektifkan proses perizinan.

 

artinya Masyarakat dapat memanfaatkan akses online  yang akan mempermudahkan mereka mengurus berbagai kebutuhan yang selama ini masih ditangani secara manual yang tentunya lebih rendah berbagai pungutan liar, ungkap Eldin.

 

Dengan kegiatan ini Eldin berharap dapat  meningkatkan kapasitas dan kompetensi Para Pelaku ekonomi Kreatif dan menciptakan ekosistem bagi Para start up yang berkualitas khususnya di sub sektor aplikasi dan iot perlu diacungi jempol.

 

Saya berharap Bekraf Developer Day ini mampu menginspirasi Para peserta kegiatan berbagi pengalaman dari Para developer yang telah mengukir prestasi dan jejak kesuksesan, sehingga memacu semangat kemandirian dan kewirausahaan Para developer yang berbasis internet, jangan sampai kita menjadi penonton di negara sendiri, harap Eldin.

 

Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Ricky Josep Pesik mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mewujudkan pemerataan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di bidang Industri digital dengan menghadirkan Sejumlah pakar dan pelaku industri guna meningkatkan kapasitas dan kompetensi Para startup digital.

 

Sekitar 500 peserta yang hadir ini akan diberikan dukungan, pengalaman dan tips serta inspirasi dalam Pengembangan Industri digital khususnya seputar Internet Of Things (IOT) dan aplikasi Android. Artinya mereka dapat menentukan arah dan jenis aplikasi yang ingin dibuat serta memilih jenis platform yang pas untuk awal Pengembangan Aplikasi katanya