Walikota Medan : PKK Harus Menjadi Mitra Pemerintah Dalam Mewujudkan Masyarakat Yang Sejahtera

dibaca 181 pembaca

Walikota Medan : PKK Harus Menjadi Mitra Pemerintah Dalam Mewujudkan Masyarakat Yang Sejahtera

Pemerintah Kota Medan menyadari tidak semua program dan kegiatan yang ditetapkan dapat dilaksanakan sepenuhnya, melainkan akan lebih efektif apabila dilaksanakan  melalui dukungan dan membangun kerjasama dengan PKK.

 

Karena, keberadaan dan kiprah PKK sangat dibutuhkan, terlebih lagi ketika dihadapkan pada dinamika masalah dan tuntutan kebutuhan masyarakat yang harus diatasi dan dipenuhi secara simultan.

 

Demikian disampaikan Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi saat menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-44 Kota Medan tahun 2016 di gedung Dharmawanita, Jln.Rotan Medan, Jumat (30/9).

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kota Medan Hj.Rita Maharani, Wakil Ketua 1 TP PKK Kota Medan Nurul Khairani, Plh Sekda Kota Medan Ikhwan Habibi SH, MH, para pimpinan SKPD dijajaran Pemko Medan, Camat sekota Medan, serta seluruh pengurus PKK kota Medan, Kecamatan dan Kelurahan.

 

Dikatakan Eldin, TP PKK Kota Medan selama ini telah memberikan kontribusinya dalam pembangunan, terutama dengan program-programnya yang berbasis masyarakat, termasuk pemberdayaan ibu, anak dan keluarga.

 

Di samping itu PKK juga mengakar di tingkat masyarakat melalui program-programnya sehingga mampu mendorong pemberdayaan masyarakat, serta meningkatkan partisipasi dalam pembangunan di berbagai bidang.

 

Oleh karenanya, Pemko Medan senantiasa mendukung program PKK dan berharap PKK akan selalu menjadi mitra dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Medan.

 

Kehadiran PKK memberikan harapan besar bagi pemko Medan untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat,”kata Wali Kota.

 

Selain itu, lanjut Eldin, Pemko Medan juga  berupaya memberikan perhatian terhadap program-program PKK yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.

 

Serta selalu bekerjasama  dengan TP PKK Kota Medan, kecamatan maupun kelurahan dalam rangka mendukung program peningkatan kesejahteraan masyarakat, baik itu sektor pendidikan, kesehatan dan kebersihan, termasuk pengembangan posyandu.

 

Saya berharap PKK dalam mengembangkan kegiatan tidak berdiri sendiri, melainklan harus bermitra secara sinergis dengan Pemko Medan dan lembaga swadaya masyarakat lainnya.

 

Apabila kemitraan ini dapat dikembangkan, insya Allah akan mempercepat program pemberdayaan masyarakat, harap Eldin

 

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Medan Hj.Rita Maharani dalam  membacakan pidato tertulis Ketua Umum TP PKK Pusat, dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan tujuan peringatan HKG PKK ini ialah untuk memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat. Gerakan ini sudah dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

Disamping itu melalui kegiatan ini, Hj. rita berharap dapat meningkatkan motivasi dan kesadaran para kader TP PKK serta masyarakat untuk lebih tahu, mau dan mampu melaksanakan program-program PKK serta aktif mendukung kegiatan PKK,” harap Hj. Rita maharani.

 

Selanjutny, Hj Rita Maharani bersama dengan Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldi S MSi menyerahkan hadiah kepada para pemenang sejumlah lomba yang digelar untuk merayakan HKG PKK tersebut, seperti lomba tertib administrasi PKK, kelompok PKDRT, kelompok UP2K-PKK, pemanfaatan lahan pekarangan melalui Hatinya PKK dan lomba pemanfaatan hasil toga.